Find Us On Social Media :

Keracunan Merkuri Tidak Mudah Dideteksi, Bisa Sebabkan Gangguan Penglihatan Hingga Kematian

Keracunan merkuri bisa berdampak pada kesehatan.

GrirdHEALTH.id - Merkuri hadir hampir di mana-mana, di udara, air dan tanah. Tingginya kadar merkuri di dalam tubuh manusia menyebabkan gangguan pada berbagai organ dan mengganggu berbagai fungsi fisiologis tubuh, yang menyebabkan kondisi yang disebut sebagai keracunan merkuri.Keracunan merkuri berarti overdosis logam di dalam tubuh manusia. Logam dapat masuk ke dalam sistem baik dengan menghirupnya, memiliki makanan yang telah terkontaminasi dengan merkuri tingkat tinggi atau melalui kontak langsung dengan kulit.

Merkuri ditemukan dalam berbagai bentuk unsur, uap, organik dan anorganik. Asupan merkuri dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan hal yang sama.Apa penyebab keracunan merkuri? Dilansir dari Science Alert, inilah penyebabnya;

1. Penghirupan: Ini biasanya terjadi jika seseorang menghirup asap logam dalam jumlah besar karena kecelakaan industri atau ketidaktahuan.

Episode seperti itu terjadi ketika produk seperti termometer, peralatan medis, katup yang mengandung unsur merkuri dihancurkan dengan cara tidak benar sehingga logamnya menguap di udara.

Situasinya lebih mengkhawatirkan jika orang tersebut berada di dalam ruangan atau berada di dalam kandang tertutup ketika itu terjadi.

2. Tertelan: Ini adalah salah satu cara paling sering di mana keracunan merkuri terjadi. Ada seluruh proses ekologi yang terjadi sebelum merkuri masuk ke dalam jaringan manusia.

Logam cair bila dilepaskan di udara dapat mengendap di permukaan air, lahan basah, sungai dan diambil oleh ikan atau makhluk air lainnya.

Baca Juga: 5 Bahaya Pakai Produk Kosmetik Seperti ini, Tak Hanya Merusak Kulit

Baca Juga: Heboh Ramai Postingan di Media Sosial Terkait Obat Tidur Dijual Bebas di E-commerce, Dikhawatirkan Digunakan Pemerkosa Untuk Membius Korban

Merkuri mengikat dengan jaringan berbagai ikan atau makhluk air lainnya dan berubah menjadi bentuk beracun yang disebut metil merkuri.

Makan ikan dan makanan laut seperti itu dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena keracunan merkuri.

Ingat merkuri sekali tertanam ke dalam kulit makhluk air ini tidak dapat dibersihkan. Semakin besar ikan, semakin besar kemungkinannya membawa merkuri beracun tingkat tinggi. Jadi pecinta makanan laut berhati-hatilah!Terkadang merkuri yang digunakan dalam amalgam gigi (biasa disebut tambalan perak) juga dapat mengirimkan sejumlah kecil uap dari waktu ke waktu dan uap ini dapat tertelan atau terhirup sehingga meningkatkan kadar merkuri dalam sistem.