Find Us On Social Media :

Mengalami Mual? Cukup Pijat di 7 Titik Ini Sesuai Rekomendasi TCM

7 titik akupresur rekomendasi TCM yang bisa dipijat untuk meredakan rasa mual.

GridHEALTH.id – Rasa mual muncul ketika perut merasa tidak nyaman dan ingin diluapkan melalui muntah, penyebabnya pun banyak dan seringkali masih dapat dicegah.

Beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami rasa mual diantaranya GERD, pengaruh obat, infeksi atau virus, diet, efek dari mabuk perjalanan dan mabuk laut, maag, ataupun rasa sakit yang hebat (pankreatitis, batu kandung empedu, batu ginjal, dan lainnya).

Rasa mual ini dapat diatasi oleh TCM melalui teknik pijatan akupresur dan terdapat 7 titik akupresur yang bisa dipijat untuk mengurangi rasa mual dan telah direkomendasikan oleh TCM, diantaranya:

1. PC6/ Meridian Perikardium 6/Nei Guan – Terletak pada bagian dalam pergelangan tangan, tepatnya berada di sebelah tiga jari yang diletakkan berdampingan dari ujung pergelangan tangan.

Jika sudah menemukannya, maka cobalah tekan titik pijat akupresur ini menggunakan ibu jari dengan lembut dan lakukan hal sama untuk tangan sebelahnya.

2. LI4/ Meridian Usus besar 4/He Gu – Titik pijat akupresur ini terletak di antara jari telunjuk dan ibu jari, berbentuk seperti lembah dan saat ditekan akan terasa menonjol, khusus untuk ibu hamil titik ini akan memicu kontraksi, sehingga penggunaannya dihindari.

Biasanya titik pijat akupresur ini digunakan untuk mencegah mual akibat sakit kepala, rasa nyeri, dan masalah pencernaan.

3. LIV3 (LV3)/ Meridian Liver 3/Tai Chong – Posisikan kaki berada datar di atas lantai, lalu letakkan jari pada celah ibu jari dan jari telunjuk kaki, titik ini terletak di bawah sela itu kurang lebih dua lebar jari ke kaki.

4. SP4/ Meridian Limpa 4/Gongsun – Letak dari titik pijat akupresur ini berada pada kaki bagian dalam, tepat pada bagian lengkungan dalam kaki dan berada di tengah-tengah lengkungan bagian dalam kaki.

Baca Juga: Titik Pijat Mengatasi Sakit Gigi, Cara Pengobatan Tradisional Cina

Titik pijat akupresur TCM, SP4 ini digunakan untuk meredakan rasa mual akibat masalah di perut, karena titik ini terhubung dengan limpa.

5. ST36/ Meridian Perut 36/Zu San Li – Titik pijat akupresur ini terletak pada kaki bagian bawah, tepatnya di bawah tempurung lutut dan di luar tulang kering, berikan gerakan tekanan ke atas dan bawah.