Find Us On Social Media :

Hari Pertama PTM Tahun Ajaran 2022, Lahir Klaster Sekolah Harus Diwaspadai, Ini Kuncinya

18 Juli 2022, jadi hari pertama PTM, IDAI merekomendasikan penerapan prokes yang bank untuk lakan Covid-19 di sekolah.

GridHEALTH.id - Pandemi Covid-19 belum juga usai, namun aktivitas sehari-hari sudah mulai dibiasakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) di tahun ajaran baru 2022 pun sudah dimulai per hari Senin ini (18/07/2022), seperti yang dilaksanakan di sejumlah daerah, seperti Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Berdasarkan informasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, protokol kesehatan terbukti sebagai jurus jitu dan kunci dalam mencegah Covid-19 di era pandemi.

Dengan demikian, pada hari pertama PTM tahun ajaran 2022 ini, orang tua dan sekolah memiliki peranan penting dalam menjaga anak terhindar dari penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Mengingat kasus harian Covid-19 di Indonesia masih bisa dikatakan kembali meningkat, data dari Kemenkes RI menunjukkan adanya tambahan kasus positif sebanyak 3.540 kasus dari total keseluruhan menjadi 6.134.953 , per tanggal 17 Juli 2022.

Melihat jumlah kasus harian positif Covid-19 di Indonesia, masyarakat tentu dihimbau untuk selalu waspada, tanpa perlu khawatir berlebih.

Di era new normal ini, penerapan protokol kesehatan dengan baik menjadi salah satu upaya terbaik dalam mencegah penularan Covid-19, tidak terkecuali dengan aktivitas hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) tahun ajaran 2022 yang sudah mulai diterapkan hari ini.

Anak menjadi salah satu kelompok rentan yang dapat tertular Covid-19, namun pada dasarnya dengan menerapkan dan mengajarkan pada anak pentingnya protokol kesehatan akan membantu anak terhindar dari penularan Covid-19, salah satunya di sekolah saat PTM.

Kemenkominfo RI bersama dengan Kemenkes RI, juga telah menghimbau kepada masyarakat, khususnya orang tua dan sekolah untuk mewajibkan protokol kesehatan selama diberlakukannya PTM.

Baca Juga: Vaksin Lindungi Anak dari Covid-19 Saat PTM, Ini yang Perlu Disiapkan Orangtua

 Beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan pada hari pertama PTM tahun ajaran 2022 ini adalah:

1. Penggunaan masker wajib untuk semua yang berusia di atas dua tahun.

2. Mencuci tangan