Find Us On Social Media :

3 Syarat Penting PTM 100 Persen yang Harus Ditaati Sekolah juga Murid

Melengkapi imunisasi dan pemberian vaksin Covid-19, langkah perlindungan anak saat PTM.

GridHEALTH.id - Pembelajaran tatap muka (PTM), pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini, dilakukan dengan kapasitas 100 persen.

Alasan dari diberlakukannya aturan ini yakni karena belajar di sekolah, sampai saat ini masih menjadi metode belajar yang efektif bagi anak.

Hari pertama masuk sekolah setiap wilayah berbeda-beda, misalnya saja DKI Jakarta yang sudah masuk sekolah sejak 11 Juli lalu dan beberapa wilayah lain, baru mulai pada Senin (18/7/2022) kemarin.

Melihat anak belajar di sekolah secara langsung seperti saat ini, mungkin masih menimbulkan rasa khawatir. Apalagi angka kasus Covid-19 sedang mengalami kenaikan beberapa minggu terakhir.

Namun, orangtua dapat mengurangi rasa khawatir tersebut, dengan melakukan persiapan yang matang. Dengan tujuan agar anak tetap aman selama berada di sekolah.

Dokter Spesialis Anak, dr Nathalia Ningrum, Sp.A, mengatakan tidak ada hal yang berbeda dari perisapan PTM 100 persen maupun hybrid. Hal-hal yang perhatikan adalah seperti berikut.

1. Kelengkapan imunisasi

Ia menngatakan, bahwa hal pertama yang perlu diperhatikan orangtua saat anak kembali ke sekolah di masa pandemi adalah kelengkapan imunisasi.

"Sebaiknya melengkapi vaksinasi yang disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Jadi memang ada beberapa vaksin yang harus dilengkapi, baik vaksinasi dasar maupun imunisasi tambahan. Dilihat, mana yang anaknya belum dapat, itu dilengkapi," kata dokter Nathalia kepada GridHEALTH, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Alasan PTM 100 Persen di Tahun Ajaran Baru 2022, Kejar Capaian Pendidikan Saat Pandemi Covid-19

Apabila usia anak sudah sesuai dengan persyaratan vaksin Covid-19, maka segera berikan dosis lengkap atau dua dosis. Dengan interval 1 bulan, setelah pemberian dosis pertama.

2. Kebutuhan nutrisi