Find Us On Social Media :

Pasien Operasi Bariatrik di Inggris Mengaku, Tubuh Memang Menjadi Langsing Tapi Tidak Menghilangkan Diabetes

Pasien operasi bariatrik mengatakan hasil operasi tidak membebaskan mereka dari diabetes.

GridHEALTH.id - Operasi bariatrik kini gencar dilakukan di seluruh dunia sebagai solusi untuk mengatasi obesitas kronis.

Bahkan negara Turki banyak menggratiskan warganya untuk melakukan operasi ini karena obesitas dianggap penyakit yang membebani negara untuk membayar biaya pengobatan seperti jantung, hipertensi, diabetes hingga penyakit lain yang diakibatkan kegemukan.

Tetapi sepertiga diabetesi di Inggris membantah bila operasi bariatrik menyelamatkan jiwa mereka dari diabetes.

Padahal sekitar enam ribu pasien diabetes melakukan operasi pemotongan usus atau pengecilan lambung (gastric bypass surgery) pada 2018 sebelum pandemi.Dilaporkan oleh Mirror. co.uk, Senin (10/4/2017), permintaan operasi bariatrik sebenarnya mengalami penurunan hingga 30%sejak lima tahun terakhir.

Hal ini karena 70 dari 210 kelompok asuransi yang bekerja sama dengan Badan Kesehatan Inggris (NHS/National Health Service) menolak mendanai biaya pemotongan lambung untuk penurunan berat badan ini.Padahal ada kekhawatiran bahwa orang yang mengalami obesitas merupakan kelompok yang paling berisiko mengalami diabetes tipe 2."Satu orang di 20 di Inggris sekarang menderita diabetes tipe 2. Satu dari enam tempat tidur rumah sakit diambil oleh seseorang dengan kondisi tersebut. Masalahnya, tidak ada dana. Jadi saya khawatir kondisi ini akan memburuk," kata Profesor John Wass, yang telah menyusun laporan tentang layanan penurunan berat badan untuk Royal College of Physicians.Dikutip dari Medical News Today (12/09/2021), prosedur bedah bariatrik merupakan cara fektif untuk memangkas obesitas yang menjadi pemicu diabetes.

Baca Juga: Healthy Move, Olahraga Aman Sesudah Melakukan Operasi Bariatrik Seperti Dilakukan Melly Goeslaw

Baca Juga: Ruben Onsu Didiagnosis Penyakit Langka Empty Sella Syndrome, Penglihatan Terganggu Jadi Salah Satu Gejala

Operasi bariatrik (Bariatric surgery) bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti, menjepit lambung (Gastric banding), pemotongan sebagian perut (Sleeve gastrectomy), dan pemotongan usus atau pengecilan lambung (gastric bypass surgery).

Cara inilah yang banyak dilakukan untuk mengobati diabetes bila tidak ingin minum obat atau suntik insulin lagi.

Studi ilmiah juga menunjukkan operasi bypass lambung adalah cara yang paling efektif untuk membantu penyandang diabetes menurunkan berat badan. Hal ini dapat membalikkan kadar gula darah sangat tinggi dan menjaga berat badan secara permanen.

Namun hampir di semua negara, biaya operasi yang mahal masih menjadi kendala. embuat kontroversial. Di Inggris, biaya operasi ini mencapai 7.000 pound sterling atau lebih dari Rp127 juta.

Di Indonesia, biayanya kurang lebih sama, antara Rp 100 juta hingga Rp 150 juta. Berita viral terakhir, operasi bariatrik ini juga dilakukan oleh artis Melly Goeslaw untuk menurunkan berat badannya.