Find Us On Social Media :

Ruben Onsu Didiagnosis Penyakit Langka Empty Sella Syndrome, Penglihatan Terganggu Jadi Salah Satu Gejala

Ruben Onsu terdiagnosis penyakit langka Empty Sella Syndrome atau sindrom sella kosong.

GridHEALTH.id  - Presenter, Ruben Onsu mengungkapkan bahwa dirinya mengidap Empty Sella Syndrome atau sindrom sella kosong.

Karena penyakitnya itu, Ruben mengaku penglihatannya terganggu dan tubuhnya akan terasa kaku jika berada di tempat yang dingin, termasuk ruangan ber-AC. "Mata jadi kayak buram, (tubuh) kaku kayak enggak bisa bergerak," katanya.Hal itu juga yang membuat Ruben harus sering menggunakan obat tetes mata meskipun tidak memakai softlens.

Ruben yang masih tetap harus bekerja di layar kaca, sering meninggalkan studio syuting lebih dulu karena merasa kedinginan. "Saya harus membuat lingkungan kerja saya juga nyaman," kata ayah tiga anak ini.

Dikutip dari artikel yang ditulis Yuval Eisenberg, MD, Asisten Profesor, Departemen Kedokteran, Endokrinologi, Diabetes dan Metabolisme, Universitas Illinois di Chicago, AS di Rare Disease,  empty sella syndrome adalah kelainan langka yang ditandai dengan pembesaran atau malformasi struktur di tengkorak yang dikenal sebagai sella tursika.

Sella tursika adalah lekukan berbentuk pelana yang terletak di tulang di dasar tengkorak (tulang sphenoid), di mana terdapat kelenjar hipofisis.

Dalam sindrom sella kosong, sella tursika sebagian diisi dengan cairan serebrospinal dan kelenjar hipofisis terkait yang sangat kecil yang terletak di dasar sella (sella sebagian kosong) atau terisi penuh dengan cairan serebrospinal tanpa kelenjar hipofisis yang divisualisasikan (sella benar-benar kosong) .

Kebanyakan individu dengan sindrom sella kosong tidak memiliki gejala terkait, tetapi temuan tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang kekurangan hormon.

Sindrom sella kosong dapat terjadi sebagai kelainan primer, yang penyebabnya tidak diketahui (idiopatik), atau sebagai kelainan sekunder, yang terjadi karena kondisi atau kelainan yang mendasarinya seperti tumor hipofisis yang diobati, trauma kepala.

Baca Juga: Ruben Onsu Alami Bercak di Otak, Salah Satu Tipe Stroke yang Membutuhkan Transfusi Agar Perdarahan Tidak Meluas

Baca Juga: Healthy Move, Olahraga Aman Sesudah Melakukan Operasi Bariatrik Seperti Dilakukan Melly Goeslaw

Atau suatu kondisi, dikenal sebagai hipertensi intrakranial idiopatik (juga disebut pseudotumor serebri) di mana peningkatan tekanan intrakranial menyebabkan sindrom sella kosong.

Gejala sindrom sella kosong dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain dan tergantung pada penyebab yang mendasarinya.