Find Us On Social Media :

Healthy Move, Olahraga Aman Sesudah Melakukan Operasi Bariatrik Seperti Dilakukan Melly Goeslaw

Mereka yang baru selesai melakukan operasi bariatrik perlu melakukan olahraga ringan.

GridHEALTH.id - Operasi bariatrik bertujuan untuk membuat perubahan pada sistem pencernaan untuk membantu kita menurunkan berat badan. Bypass lambung dan operasi serupa lainnya adalah contoh dari jenis intervensi ini.

Operasi ini dilakukan pada penderita obesitas morbid atau orang-orang yang belum menemukan hasil yang menguntungkan dengan mengikuti diet ketat dan berolahraga. Namun, makan sehat dan aktivitas fisik akan menjadi pilar fundamental.

Ketika seseorang menderita obesitas yang tidak wajar dan melakukan operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan, penting untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk mempertahankan bentuk tubuh yang baru. Selain itu, berolahraga mendukung pemulihan yang lebih baik.Sebuah studi tahun 2021 tentang efek pelatihan fisik sebelum dan sesudah operasi bariatrik menyimpulkan bahwa olahraga setelah operasi bariatrik memperbaiki kondisi dan menyebabkan sedikit tambahan penurunan berat badan dan lemak, sementara itu dapat mencegah keropos tulang.

Cara ideal untuk mulai berolahraga setelah intervensi adalah memulainya sebelum intervensi. Beberapa spesialis merekomendasikan persiapan fisik setidaknya 1 bulan sebelum operasi dan kemudian melanjutkan aktivitas sekitar 1 bulan kemudian.

Baik sebelum maupun sesudah operasi, sangat dianjurkan untuk melakukan hanya olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda santai dan berenang. Setelah operasi tidak dianjurkan untuk melakukan latihan olahraga angkat beban.

Ingat bahwa setelah operasi bariatrik, kita harus beradaptasi dengan tubuh baru. Massa otot telah hilang dan kita mungkin akan merasa lebih lemah.Kondisi fisik sebelum operasi akan menjadi faktor penentu berapa lama menunggu sebelum mulai berolahraga lagi. Namun satu hal yang harus jelas adalah penting untuk selalu melakukan aktivitas fisik.Berikut adalah beberapa tips untuk melakukannya dengan aman:

Baca Juga: Sukses Diet Turunkan Berat Badan Kini Melly Goeslaw Lakukan Operasi Bariatrik, Untuk Apa?

Baca Juga: Pepaya, Buah Obat Alami Untuk Mengatasi Asam Lambung dan Sembelit

- Mulailah dengan perlahan: Kita mungkin dapat menurunkan beberapa kilogram ekstra dengan berolahraga setelah operasi.

Tetapi perlu diingat bahwa tujuannya bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk mempertahankannya. Permintaan harus ditingkatkan secara progresif dan saat kita merasa lebih baik.

- Jangan membandingkan diri kita dengan orang lain: Rencana latihan yang ideal untuk setiap orang mungkin berbeda dan didasarkan pada karakteristik dan kondisi fisik masing-masing, selain jenis operasi yang telah kita jalani.

- Berolahraga secara teratur: Lebih baik melakukan aktivitas dengan cara yang moderat, daripada melakukan sesi latihan yang sangat menuntut, tetapi tidak terlalu sering.