Find Us On Social Media :

Punggung Wanita Ini Rusak Akibat Bakteri Pemakan Daging, Awalnya Ruam

Infeksi bakteri pemakan daging yang menyebabkan kerusakan di kulit punggung.

GridHEALTH.id - Kulit punggung seorang wanita di Turki, rusak dan hampir merenggut nyawanya.

Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri pemakan daging langka yang dialami oleh dirinya. Bakteri tersebut menghancurkan sebagian besar jaringan di punggungnya.

Berdasarkan laporan dari Rumah Sakit Universitas Balikesir, wanita berusia 59 tahun ini datang ke unit gawat darurat dengan keluhan ruam yang menyakitkan.

Sebagian besar punggung bagian atasnya telah tertutupi oleh ruam nekrotikan. Ruam di tubuhnya berawal dari infeksi herpes zoster, kemudian jadi lebih serius.

Dilansir dari Insider, Kamis (21/7/2022), saat menjalani operasi dokter menemukan infeksi yang memanjang di bawah otot punggung.

Bahkan, area kulit yang rusak kondisinya sudah sangat parah dan membusuk, sehingga perlu diangkat.

Lapisan kulit, lemak, dan otot yang sudah mati di punggung wanita tersebut, dibersihkan oleh tenaga medis.

Hasil laboratorium menunjukkan terdapat bakteri Streptococcus pyogenes, yang jadi penyebab necrotizing faciitis (bakteri pemakan daging) di antara infeksi yang mengancam jiwa.

Setelah operasi selesai dilakukan, sejumlah besar jaringan hilang dari punggung atas dan memanjang, mulai dari ketiak kiri sampai tulang belikat kanan.

Baca Juga: 4 Bahan Alami di Dapur Atasi Kulit Gatal, dari Es Batu Hingga Oatmeal

Lantaran infeksi bakteri pemakan daging dan herpes zoster yang membuat kulit punggungnya rusak, wanita ini harus menjalani perawatan intensif.

Tenaga medis terus memonitor kondisinya selama 48 jam dan diberikan carbapenem, antibiotik paling kuat untuk mengatasi infeksi bakteri.