Find Us On Social Media :

Penderita Cacar Monyet Dilarang Berhubungan Seks, Solusinya Lakukan Seks Virtual

Seks lewat virtual menjadi solusi bagi penderita Cacar Monyet yang dilating berhubungan seks.

GridHEALTH.id - Sejak Sabtu lalu (23/07/2022), WHO telah menetapkan wabah Cacar Monyet atau Monkey Pox sebagai darurat kesehatan global karena telah menginfeksi lebih dari 16.000 kasus di 75 negara dunia.

Menyusul pengumuman ini, banyak pihak yang telah melakukan himbauan untuk mewaspadai penyebaran infeksi kasus Cacar Monyet dan kembali memberikan edukasi mengenai cara penyebaran dan segala hal terkait wabah Cacar Monyet.

Salah satu yang menjadi larangan bagi penderita Cacar Monyet adalah berhubungan seksual, penelitian dan para pakar telah menyampaikan larangan ini dan korelasinya terkait cara penularan dengan virus Cacar Monyet.

Berdasarkan data dari Dr. Monica Gandhi, spesialis penyakit menular dari University of California, San Francisco dilansir dari Healthline (14/07/2022), ada sekitar lebih dari 3.100 kasus yang telah dilaporkan dari 58 negara non-endemi yang terpapar Cacar Monyet setelah melakukan hubungan seksual.

Pelarangan berhubungan seks bagi penderita Cacar Monyet dan lebih disarankan untuk melakukan seks virtual oleh CDC karena mengingat cara penularan dari Cacar Monyet yang dapat menyebar melalui sentuhan kulit.

Adanya kontak yang terlalu dekat akan sangat memungkinkan penyebaran Cacar Monyet, sehingga berhubungan seks baik secara penetrasi, oral, anal, hingga menggunakan mainan seks sebaiknya tidak dilakukan selama masih atau pasangan masih terpapar virus Cacar Monyet.

Jika seseorang merasa mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan Cacar Monyet,  CDC menyarankan maka ada baiknya untuk mulai menghindari berhubungan seks dengan siapa pun, sampai dipastikan gejala dan penyakit yang diderita.

Segera periksakan diri ke dokter jika merasa memiliki gejala yang berhubungan dengan Cacar Monyet.

Tidak ada waktu pasti bagi seorang penderita Cacar Monyet atau pasangan dengan Cacar Monyet untuk kembali berhubungan seks, namun biasanya seorang penderita akan sembuh setelah 3 minggu.

Baca Juga: 5 Aktivitas yang Dilarang Dilakukan dengan Penderita Cacar Monyet, IDI; Termasuk Seks

 Tetapi dalam kasus berhubungan seks kembali, untuk penderita Cacar Monyet atau memiliki pasangan yang menderita Cacar Monyet, CDC mengatakan seseorang dapat melakukan kembali hubungan seks, jika memenuhi syarat ini:

- Telah mengikuti rekomendasi pengobatan dan pencegahan