Find Us On Social Media :

Persiapan Hadapi Ancaman Cacar Monyet di Indonesia, Kemenkes: Tak Perlu Sepanik Covid-19

Persiapan hadapi cacar monyet, Menkes Budi lakukan pencegahan-pencegahan ini.

GridHEALTH.id - Cacar monyet atau monkeypox masih menjadi salah satu perhatian di seluruh dunia terkait penyebarannya yang begitu masif di dunia.

Ditambah dengan WHO yang telah menetapkan cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global.

Indonesia sendiri masih dalam tahap persiapan menghadapi ancaman cacar monyet atau monkeypox yang mungkin masuk ke Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan Indonesia tetap waspada terhadap perkembangan cacar monyet di Indonesia, namun tidak perlu terlalu panik dibandingkan dengan Covid-19.

Sebagai langkah pencegahan, pemerintah melalui Kemenkes RI telah melakukan berbagai upaya, mulai dari melakukan tes pada orang dengan suspek cacar monyet, mempersiapkan alat tes, hingga pendekatan-pendekatan terhadap kelompok tertentu yang lebih berisiko terkena cacar monyet.

Menkes Budi Gunadi dalam sesi konferensi pers pada acara Peluncuran SATUSEHAT kemarin (26/07/2022) menyebutkan bahwa Indonesia telah membeli alat tes untuk mendeteksi kasus cacar monyet di Indonesia dan diperkirakan akan tiba dalam waktu seminggu ke depan.

Selain itu, Menkes Budi juga menyampaikan Indonesia sudah siap dengan laboratorium yang digunakan untuk menguji hasil tes cacar monyet,"Jadi, begitu ada (kasus cacar monyet terdeteksi), kita sudah memiliki kemampuan tes dan kemampuan tes ini bisa dilakukan di 1.100 laboratorium PCR yang kita punya dari Covid ini."

Hingga saat ini Indonesia sudah melakukan tes cacar monyet kepada kesembilan suspek dengan penyakit cacar monyet dan hasilnya seluruhnya negatif.

Tes cacar monyet dilakukan menggunakan tes PCR biasa yang digunakan untuk tes Covid-19, dengan adanya pandemi Covid-19 ini Menkes Budi juga menyebutkan membuat Indonesia lebih siap lagi menghadapi ancaman cacar monyet, karena kesiapan dari laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cacar Monyet, AS Melaporkan Kasus Pertama Virus Ini Muncul Pada Anak, Bisa Lebih Berbahaya

 "Jadi kita beruntung karena Covid, kita sudah punya 1.100 lab di seluruh Indonesia yang bisa melakukan tes untuk monkeypox," kata Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers pada Selasa (26/07/2022).

Pada kesempatan tersebut, Menkes Budi Gunadi juga menyampaikan bahwa masyarakat tak perlu sepanik saat menghadapi pandemi Covid-19, karena penyebaran gejala cacar monyet yang lebih jelas dibandingkan dengan Covid-19.