Find Us On Social Media :

Kebiasaan Inilah yang Buat Tubuh Jadi Gemuk, Sebaiknya Mulai Dihindari

Hindari 10 kebiasaan ini jika tidak ingin menjadi gemuk.

GridHEALTH.id - Banyak orang dan sebagian besar wanita selalu menjaga bentuk badannya agar tetap mencapai berat badan ideal, mulai dari kegiatan lazim seperti diet sehat, olahraga, hingga kebiasaan yang ekstrim.

Padahal menjaga berat badan agar tidak gemuk dan tetap ideal ada banyak faktor pendukung.

Termasuk beberapa kebiasaan ini, yang seringkali tidak disadari tetapi justru membuat seseorang malah semakin gemuk.

Inilah kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari tetapi perlu dihindari untuk tidak semakin membuat seseorang tambah gemuk:

1. DehidrasiSeseorang yang dehidrasi juga dapat menyebabkan potensi untuk menjadi gemuk, dikarenakan saat tubuh haus, bisa saja sinyal yang ditangkap oleh tubuh adalah rasa lapar bukan haus, hasilnya banyak yang mengira itu sebagai perasaan lapar dan membuat seseorang ingin selalu makan dan menyebabkan seseorang menjadi semakin gemuk.

2. Makan terlalu cepat - Ternyata, kebiasaan makan terlalu cepat telah dibuktikan dalam studi dapat mengakibatkan kegemukan, hal ini karena tubuh memerlukan beberapa waktu untuk menyatakan ke otak bahwa asupan makanan sudah cukup, ditandai dengan rasa kenyang.

Sayangnya, dengan kebiasaan makan terlalu cepat maka akan memungkinkan tubuh terlanjur menerima banyak asupan makanan sebelum tubuh memerintahkan otak untuk berhenti makan, sehingga inilah yang menyebabkan makan cepat dapat membuat gemuk.

3. Terlalu lama duduk - Aktivitas yang padat, membuat seseorang tidak menyadari sudah berapa lama terduduk, di tambah dengan adanya penggunaan perangkat elektronik, durasi duduk seseorang semakin banyak, aktivitas fisik pun berkurang.

Aktivitas fisik yang kurang dan lebih banyak waktu untuk duduk dalam sehari akan meningkatkan seseorang terkena penyakit lain dan 34% lebih tinggi pada kematian, bukan hanya meningkatkan kegemukan.

Baca Juga: Anak ASI Vs Sufor, Cenderung Gemuk, Apakah Artinya Lebih Sehat?

 4. Terlalu banyak bersosialisasi - Sebagai makhluk sosial wajar seorang manusia bersosialisasi, namun disadari atau tidak ternyata terlalu bersosialisasi adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk, karena pola makan dan jenis makanan yang tidak diatur sesuai dengan kebutuhan setiap masing-masing orang.

Studi membuktikan saat seseorang bersama temannya, akan ada kecenderungan di mana makanan yang dimakan sama, hasilnya saat teman makan dalam porsi besar maka tidak kemungkinan seseorang mengikutinya.