Find Us On Social Media :

Ini 5 Pengobatan Rumahan Alami Untuk Mengatasi Gatal di Vagina

Vagina gatal dapat diatasi dengan pengobatan rumahan.

GridHEALTH.id - Obat gatal pada vagina dapat membantu ketika rasa tidak nyaman terus berlanjut atau disertai dengan keluarnya cairan dan bau yang tidak sedap.

Sensasi gatal yang tidak menyenangkan ini sering disebabkan oleh infeksi, perubahan pH vagina, atau penurunan kadar estrogen.Meskipun biasanya tidak serius dan cenderung menghilang tanpa memerlukan perawatan, selalu baik untuk memiliki beberapa solusi untuk mempercepat prosesnya. Sebagian besar kasus gatal pada vagina dapat dikendalikan di rumah tanpa pengobatan kimia. Ini karena gejalanya sering kali disebabkan oleh reaksi alergi terhadap bahan kimia keras seperti gel mandi, pelembut kain, deterjen, krim dan douche, antara lain.Namun, jika gatal disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau infeksi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengevaluasi apakah jenis perawatan lain mungkin diperlukan.

Berikut adalah 5 pengobatan rumahan untuk mengatasi gatal di vagina;

1. Cuka apel PH asam cuka apel organik dapat membantu mengembalikan keseimbangan flora bakteri vagina.

Selain itu, berkat sifat antibakteri dan antijamurnya, ia juga dapat membantu melawan beberapa infeksi yang memicu iritasi dan gatal.

Baca Juga: Gejala Diabetes Pada Wanita, Sariawan Vagina Hingga Keputihan Berulang

Baca Juga: 52 Anak di Tulungagung Terpapar HIV/AIDS, UNAIDS Sebut Perawatan Terhadap Anak Sering Dikesampingkan

Tambahkan dua sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat. Gunakan cairan ini untuk membasuh bagian luar vagina (cebok).

Ulangi perawatan dua kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan dalam, encerkan satu sendok makan cuka apel dalam segelas air hangat dan konsumsilah.2. Mandi garam lautMempersiapkan mandi dengan garam laut dapat berfungsi sebagai obat untuk gatal-gatal dan infeksi pada vagina.

Bahan alami ini memiliki sifat antimikroba yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri patogen.

Encerkan satu sendok makan garam laut dalam segelas air hangat dan gunakan untuk mencuci vagina sampai merasa lega.

3. Kefir