Find Us On Social Media :

Ada Risiko Peradangan Jantung Bagi yang Disuntik Vaksin Covid-19 Ini

Perdangan jantung akibat vaksin Covid-19 Nuvaxovid.

GridHEALTH.id - Perdangan jantung alias miokarditis, adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada otot jantung atau miokardium.Jika otot jantung meradang, darah tidak akan terpompa dengan baik sehingga menyebabkan gangguan seperti detak jantung tidak teratur, kesulitan bernapas dan pada tingkat yang lebih berat bisa mengakibatkan pembekuan darah, serangan jantung, stroke, atau kerusakan jantung.

Penyebab peradangan jantung tidak diketahui. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu miokarditis, seperti dilansir dari siloamhospitals.com (8/03/2022) berikut ini:

Virus

Virus merupakan penyebab miokarditis yang paling umum. Beberapa jenis virus diantaranya adalah adenovirus (penyebab flu), herpes simplex virus, echovirus (penyebab infeksi saluran cerna), rubella, HIV dan Epstein-Barr virus (penyebab mononukleosis).

Bakteri

Selain virus, bakteri juga dipercaya sebagai salah satu penyebab miokarditis.

Jenis bakteri yang dapat memicu miokarditis adalah straphylococcus, streptococcus, corynebacterium diphtheriae (penyebab difteri), clostridia, meningococci, dan mycobacteria.

Infeksi jamur

Baca Juga: Afrika Selatan Laporkan Kematian Pertama Warga Setelah Divaksin, Alami Kondisi Ini

Peradangan pada otot jantung dapat disebabkan pula karena munculnya jamur di sekitar jantung.

Jamur yang dapat menyebabkan miokarditis antara lain adalah candida dan aspergillus.

Obat-obatan