Find Us On Social Media :

Waktu yang Tepat Untuk Tes HIV/AIDS, Kini Banyak Orang Harus Menjalankannya

Lakukan tes HIV/AIDS sedini mungkin untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.

GridHEALTH.id - HIV/AIDS sebagai salah satu penyakit infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh, khususnya pada sel darah putih yang disebut sel CD4 menyebabkan penyakit ini sangat berisiko bagi penderita.

HIV/AIDS sendiri menjadi salah satu penyakit yang ditargetkan oleh WHO dan dunia untuk ditekan jumlah kasusnya.

Oleh karena itu, WHO telah menyarankan bagi setiap orang untuk melakukan tes sedini mungkin sehingga lebih cepat diketahui dan lebih cepat diobati, di luar negeri sendiri, tes HIV/AIDS sudah bisa dilakukan secara pribadi pada masing-masing orang.

Pengecekan HIV/AIDS yang dilakukan lebih cepat akan lebih baik, karena dengan perkembangan pengobatan dunia modern, kini HIV/AIDS sudah ada obatnya sama seperti penyakit kronis lainnya yang tidak dapat hilang namun dapat dibantu terapi obat yang tepat untuk memperpanjang harapan hidup.

Dengan obat-obat ini maka imunitas tubuh akan coba dibantu, maka deteksi lebih dini adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

Dilansir dari postingan Profesor Zubairi dalam instagram pribadinya, @profesorzubairi, untuk mengetahui waktu yang tepat tes HIV/AIDS setidaknya dapat didasarkan pada tiga alasan ini:

- Timbulnya gejala yang dikhawatirkan sudah mengarah pada HIV/AIDS

- Memiliki banyak pasangan seksual yang berganti-ganti

- Telah berhubungan dengan seseorang yang terkena HIV/AIDS

Baca Juga: 52 Anak di Tulungagung Terpapar HIV/AIDS, UNAIDS Sebut Perawatan Terhadap Anak Sering Dikesampingkan

Profesor Zubairi pun mengatakan, "Pertama, kalau kita khawatir akan gejala-gejala HIV/AIDS itu perlu tes, yang kedua kalau ada riwayat penularan, jadi kemungkinan penularan misalnya hubungan seks dengan banyak partner atau yang berhubungan dengan orang yang HIV/AIDS."

Selain itu, Profesor Zubairi juga menegaskan bahwa tes HIV/AIDS akan lebih baik untuk dilakukan oleh semua orang, bukan hanya pada orang dengan alasan-alasan di atas.