Find Us On Social Media :

Dengan SmartRSCM Kehadiran Dokter Bisa Dirasakan Pasien Meski Jarak Berjauhan

Wakil Menteri Kesehatan di acara peluncuran layanan kesehatan digital SmartRSCM.

GridHEALTH.id - Layanan kesehatan digital memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis.

Adanya layanan kesehatan berbasis teknologi, masyarakat tidak perlu menghabiskan waktu lebih banyak di jalan untuk pergi ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit.

Terutama di situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, di mana pembatasan sosial yang diterapkan oleh pemerintah, menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan mengakses layanan kesehatan.

Memberikan akses yang luas bagi masyarakat, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo meluncurkan layanan telekonsultasi SmartRSCM yang merupakan bagian dari program SiapDok.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mendukung adanya layanan telkonsultasi SmartRSCM.

Ia mengatakan, sebenarnya aplikasi healthcare ini sama dengan telemidisin yang banyak digunakan oleh masyarakat selama pandemi Covid-19.

"Sama seperti telemedisin, perbedaannya dia (aplikasi SmartRSCM) terintegrasi antara pembayaran, konsultasi, terus pengiriman obat.

Lebih lanjut, Dante mengatakan meski dilakukan secara virtual, tapi pasien tetap bisa merasa seperti melakukan konsultasi medis secara langsung.

Hal ini karena pasien dapat melakukan konsultasi dengan fitur video call dan tidak hanya terbatas chatting saja.

Baca Juga: Langkah-langkah Mendapatkan Fasilas dan Manfaat dari PCare BPJS

"Kehadiran dokter itu bisa dirasakan, kalau pakai beberapa aplikasi telemedisin lain kan chatting. Chatting itu pasien kurang merasakan kehadirannya (dokter), padahal beberapa pasien membutuhkan dampak psikologis," kata di acara peluncuran SmartRSCM di Jakarta Pusat, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, berkonsultasi dengan dokter dengan melihat wajah, dapat memberikan dampak yang positif bagi pasien.