Find Us On Social Media :

9 Penyakit Tersembunyi Dibalik Bibir Pecah-pecah, dari Jamur Hingga Alergi Obat

Bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh banyak hal,

GridHEALTH.id - Penyebab bibir pecah-pecah kebanyakan adalah kering. Namun bisa juga disebabkan oleh berbagai penyakit lain seperti jamur, hingga alergi.

Tapi bagaimana kita bisa membedakan antara bibir pecah-pecah yang khas dan sesuatu yang lebih serius?

Jika tampaknya tidak mungkin untuk terhidrasi, menyebabkan kita sakit, atau tidak sembuh meskipun perawatan rutin, maka kita mungkin memiliki masalah yang lebih besar, kata perawat dermatologis dan ahli kecantikan selebriti Natalie Aguilar, dikutip dari The Health Site.

Berikut adalah sembilan penyebab umum bibir pecah-pecah yang perlu diperhatikan, dikutip dari berbagai sumber;

1. Infeksi jamur

Kita  juga bisa mendapatkan pertumbuhan jamur yang tidak menyenangkan ini di mulut  dan bibir pecah-pecah mungkin merupakan gejalanya.

Ini terutama benar jika kita memiliki retakan di sudut mulut atau melihat gejala lain seperti bercak putih di mulut, , perasaan seperti kapas di mulut,  atau rasa sakit saat menelan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

"Ketika Anda menjilat bibir secara berlebihan, air liur yang hangat dan lembab mendorong ragi untuk tumbuh, terutama ketika air liur menumpuk di sudut mulut," kata Dr. Michele Green, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York.

Dia mengatakan obat terbaik adalah menghidrasi, minum banyak air dan hindari menjilati bibir. Ini juga dapat membantu menggunakan penghalang pelembab seperti balsem lilin lebah atau Vaseline untuk menghentikan penumpukan air liur, menurut Green.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengatasi Bibir Pecah-pecah Tanpa Lip Balm

Baca Juga: 7 Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat, Cepat dan Murah

2. Reaksi alergi