Find Us On Social Media :

Menkes RI Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19, Rangkuman Perjalanan Dinamika Covid-19 di Indonesia

Menkes bersama Menko RI luncurkan buku vaksinasi Covid-19 sebagai rangkuman dinamika pandemi Covid-19, pada hari ini (11/08/2022).

GridHEALTH.id - Menteri kesehatan, Budi Gunadi Sadikin bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meluncurkan buku vaksinasi Covid-19 pada Kamis (11/08/2022).

Buku vaksinasi Covid-19 ini merupakan rangkuman seluruh catatan terkait penanganan terhadap pandemi Covid-19 dari pemerintah Indonesia, yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi semua kalangan.

Acara pada hari ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Duta Besar Amerika Serikat, Duta Besar Jepang, Gubernur Riau, ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization)serta Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Deputi Koordinasi Bidang Pengembangan Usaha BUMN dan Inovasi, Ir. Montty Girianna, M.Sc., MCP., Ph.D dalam acara peluncuran buku vaksinasi Covid-19 menyampaikan harapannya terkait diluncurkannya buku vaksinasi Covid-19 ini.

"Buku ini merupakan dokumen pengalaman upaya-upaya perumusan kebijakan, yang tentu kami harapkan akan menjadi rujukan, bagi siapapun, baik bagi pemerintah, dunia usaha, maupun bagi masyarakat secara luas," kata Ir. Montty Girianna, M.Sc., MCP., Ph.D dalam ucapan pembukaannya.

Penulisan buku vaksinasi Covid-19 ini sudah dimulai sejak tahun 2020 dan terus dalam perubahan mengikuti perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, sejak gelombang alfa, delta, dan juga omicron.

Kebijakan, terobosan, dan inisiatif dilakukan dalam penanganan Covid-19 dan telah dirangkum semuanya dalam buku vaksinasi Covid-19.

Peluncuran buku vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah adanya tren penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang terjadi di bulan Maret.

"Hal ini kami lakukan agar buku ini bisa segera difinalisasi, dicetak, dan diterbitkan, guna memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada semua lapisan masyarakat secara luas

Buku vaksinasi Covid-19 dimulai dari inisiasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan dibantu oleh banyak pihak lainnya, mulai dari Kemenkes, ITAGI, Biofarma, dan lainnya.

"Terima kasih Pak Menko, mudah-mudahan buku ini bisa memberikan pelajaran karena pandemi beda dengan ekonomi, kalau siklusnya ekonomi pendek-pendek mungkin 10 tahun, kalau pandemi ini siklusnya panjang-panjang," kata Menkes Budi menanggapi manfaat dari peluncuran buku Covid-19.

Baca Juga: Menkes Ajak Lansia Vaksin Booster, Santap 3 Makananan Ini Sebelum Vaksinasi