Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ini Manfaat Latihan Fisik untuk Penderita Psoriasis

Rutin berolahraga dapat membuat penderita psoriasis lebih nyaman menghadapi penyakitnya.

GridHEALTH.idPsoriasis adalah penyakit kulit kronis yang disebabkan oleh perubahan sistem kekebalan tubuh.

Clínica Universidad de Navarra (CUN) di Spanyol menjelaskan bahwa penyakit ini menyebabkan plak eritematosa terbatas yang ditutupi oleh sisik mutiara pada kulit.

Terkadang, diagnosis penyakit ini bahkan mengarah pada kapasitas disfungsional. Bahkan mungkin evaluasi medis pertama, sering disalahartikan dengan rheumatoid arthritis.

Penyebabnya berkaitan dengan genetika, infeksi, stres, dan reaksi sekunder terhadap beberapa obat.

Selain jaringan sendi, area tubuh berikut terpengaruh seperti wajah, kuku, siku, lutut, alat kelamin, telapak kaki, mukosa mulut, telapak tangan dan punggung bawah.

Menurut Mayo Clinic, gejala psoriasis bervariasi dari orang ke orang. Secara umum, tandanya ditandai dengan munculnya ruam atau bercak berwarna merah atau ungu, bertekstur kasar.

Kulit pecah-pecah, sampai berdarah, gatal dan terbakar. Manifestasi ini bersifat siklus.

Gaya hidup sehat, baik dalam hal diet, manajemen emosi, dan latihan fisik, membantu mengendalikan psoriasis.

Tergantung pada tingkat keparahan diagnosis dan dengan panduan dermatologis, kita dapat berlatih olahraga yang berkontribusi positif terhadap pengobatan penyakit.

Sebab, mengobati psoriasis bukan hanya tentang merawat penampilan kulit. Saat kita mengatasi faktor internal dengan pengobatan dan aktivitas yang meningkatkan kesejahteraan kita secara keseluruhan, ada peluang lebih besar untuk memoderasi gejala sisa.

Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur mengurangi flare-up kulit. Faktanya, LSM Acción Psoriasis merekomendasikan aktivitas fisik beberapa kali seminggu, selama 45 menit.

Disiplin yang disarankan termasuk berjalan, bersepeda, berenang, dan menari. LSM tersebut menekankan pemilihan olahraga yang disukai orang tersebut, karena dengan cara ini kebiasaan tersebut lebih mudah dipertahankan.