Find Us On Social Media :

Pusing Kepala Saat Bangun Tidur, Kebanyakan Tidur Hingga Gejala Stroke

Sebagian besar pusing saat bangun tidur bukan gangguan kesehatan yang berbahaya.

GridHEALTH.id - Pusing saat bangun adalah masalah yang sangat umum. Menurut perkiraan, setidaknya 20% orang berusia antara 18 dan 65 tahun pernah mengalami sensasi yang mengganggu ini pada suatu waktu.

Meskipun situasi ini sering menimbulkan kekhawatiran, kenyataannya sebagian pusing saat bangun bukanlah masalah kesehatan yang serius.

Penelitian yang dilakukan di German Centre for Neurodegenerative Diseases di kota Magdeburg di Jerman, beberapa penyebab orang pusing kepala saat bangun tidur adalah:

1. Vertigo posisi paroksismal benigna

Apa yang terjadi dalam kasus ini adalah partikel kalsium kecil dilepaskan di telinga bagian dalam.

Partikel-partikel ini menyebabkan otak menerima sinyal yang membingungkan tentang posisi tubuh. Inilah saat pusing terjadi.

Biasanya, jenis pusing ini datang dan pergi sebentar-sebentar dalam jangka waktu yang lama. Demikian juga biasanya dialami saat memutar leher dan dalam semua situasi di mana gerakan menyebabkan perubahan posisi telinga.

2. Hipotensi ortostatik

Penyebab umum pusing lainnya saat bangun adalah hipotensi ortostatik, juga dikenal sebagai hipotensi postural. Ketika ini adalah sumber masalahnya, sensasi paling sering bertahan selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam.

Masalah ini terkait dengan tekanan darah rendah dan menjadi lebih jelas ketika seseorang duduk.

Terkadang itu terjadi sesekali. Ini mungkin disebabkan oleh dehidrasi atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk beristirahat di tempat tidur, misalnya. Dalam hal ini, itu tidak perlu mendapat perhatian lebih lanjut.

Jika menjadi berulang, menetap dalam waktu lama, dan tidak hanya menimbulkan pusing tetapi juga pingsan, masalahnya mungkin lebih serius. Sangat umum untuk hipotensi ortostatik kronis menjadi gejala masalah kesehatan lain.