Find Us On Social Media :

Penyebab Jerawat Muncul di Badan dan Cara Cepat Mengobatinya

Faktor yang sama yang memicu jerawat wajah dapat menyebabkan jerawat di punggung.

GridHEALTH.id - Komedo dan jerawat tidak hanya muncul di wajah. Ada banyak tempat lain yang bisa memunculkan jerawat, termasuk punggung.Bagian dada, leher, bahu, lengan atas, dan bahkan bokong adalah tempat yang sering menjadi tempat munculnya jerawat. Dan jerawat punggung sangat umum bahkan memiliki namanya sendiri: bacne.

Jerawat yang muncul di punggung dan bagian tubuh lainnya sejatinya adalah normal. Dan bisa terjadi pada siapa saja, baik remaja maupun dewasa.Faktor yang sama yang memicu jerawat wajah dapat menyebabkan jerawat tubuh. Yaitu, kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, dan bakteri penyebab jerawat dapat menyebabkan jerawat di bagian tubuh mana saja.

Proses jerawat dapat berkembang, ini dia tahapannya;

-  Minyak dan sel kulit mati terperangkap di dalam folikel (pori-pori) dan membuat penyumbatan.

- Penyumbatan menjadi komedo.

- Jika bakteri menyerang, komedo berkembang menjadi jerawat yang meradang.Jerawat tubuh umumnya muncul di bagian belakang dan bagian atas tubuh, bukan di bagian kaki.

Seperti wajah, bagian atas tubuh memiliki banyak kelenjar sebaceous. Kelenjar ini menghasilkan sebum (minyak) untuk membantu menjaga kelembapan, mengatur suhu, dan mencegah bakteri dan patogen lain menyebabkan infeksi.Namun, karena begitu banyak kelenjar ini berada di tubuh bagian atas, folikel cenderung tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati.

Pakaian ketat, peralatan olahraga, dan perlengkapan lainnya dapat memicu jerawat di tubuh.  Saat menggosok atau menekan kulit, dikombinasikan dengan panas atau keringat, mengiritasi dan mengobarkan folikel, hal itu menyebabkan jenis jerawat tertentu yang disebut acne mechanicala.

Baca Juga: Jerawat Adalah Penyakit Infeksi Kulit, Tak Cukup Hanya Ditangani dengan Skin Care yang Dijual Bebas

Baca Juga: Healthy Move, Gerakan Downward Dog dalam Yoga Untuk Punggung Kuat dan Bokong Kencang

Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari sumber gesekan saat mencoba menyembuhkan jerawat tubuh, termasuk menghindari pakaian ketat, kerah leher yang terlalu pas, penggunaan ransel, dan benda-benda lain yang menempel di tubuh.

Keringat juga dapat mengiritasi jerawat di tubuh. Untuk meminimalkan iritasi, mandilah sesegera mungkin setelah berolahraga.