Find Us On Social Media :

Penderita Autoimun Wajib Hindari Tiga Jenis Bahan Kimia Ini Dalam Produk Sehari-hari

Penderita autoimun wajib perhatikan tiga bahan kimia yang ada dalam produk sehari-hari untuk mencegah reaksi bahaya.

GridHEALTH.id - Bagi penderita autoimun tentu mengenali banyaknya informasi terkait berbagai macam pantangan yang tidak boleh dilakukan.

Menghindari pantangan dipercaya menjadi salah satu cara untuk penderita autoimun tetap bertahan dan bisa beraktivitas dengan baik.

Pantangan ini tidak hanya sekedar jenis makanan, tetapi penderita autoimun juga harus memperhatikan bahan-bahan kimia yang digunakan sehari-hari.

Berikut ini disadari atau tidak ada setidaknya tiga bahan kimia yang mudah ditemukan dalam produk sehari-hari dan perlu dihindari oleh penderita autoimun.

Dari ketiga bahan kimia ini dapat menimbulkan reaksi yang kurang baik untuk penderita autoimun, sehingga perlu menjadi perhatian dalam penggunaannya.

Sebelum mengenali apa saja yang perlu dihindari oleh penderita autoimun, maka kenali terlebih dahulu penyakit autoimun itu sendiri.

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem pertahanan alami tubuh tidak bisa membedakan sel milik tubuh dengan sel asing, hasilnya tubuh secara keliru menyerang sel normal.

Kesalahan mengenali inilah yang menyebabkan penyakit autoimun dapat menghasilkan banyak macamnya, ada lebih dari 80 jenis penyakit autoimun yang mempengaruhi kesehatan berbagai bagian tubuh.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi penyakit autoimun, beberapa diantaranya menyebabkan kemungkinan autoimun lebih besar, seperti faktor genetika, berat badan, merokok, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

Beberapa gejala penyakit autoimun yang umum dirasakan oleh penderita autoimun, antara lain kelelahan, nyeri sendi dan bengkak, masalah kulit, sakit perut, masalah pencernaan, berulangkali demam, pembengkakan kelenjar, dan lainnya.

Autoimun sendiri banyak menyerang wanita, karena pengaruh hormon, khususnya hormon estrogen yang dapat menyebabkan kondisi autoimun.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Autoimun Langka Vaskulitis, Penyebab Asthon Kutcher Lumpuh