Find Us On Social Media :

Kenali 3 Cara Penularan HIV/AIDS, Tak Hanya dari Hubungan Seksual Saja

Penularan virus HIV yang terjadi selain karena hubungan seksual.

GridHEALTH.id – Infeksi HIV/AIDS sering kali disebut sebagai penyakit yang disebabkan oleh aktivitas seksual yang tidak sehat.

Faktanya, memang penularan HIV/AIDS memang bisa terjadi karena kebiasaan tersebut. Namun, ada hal lain yang juga menjadi pemicunya.

Kasus HIV/AIDS memang masih cukup tinggi di Indonesia. Di kota Bandung, Jawa Barat, baru-baru dikabarkan terjadi peningkatan angka orang yang terinfeksi.

Berdasarkan laporan dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bandung, per Desember 2021 lalu tercatat ada 414 mahasiswa yang dinyatakan positif HIV/AIDS.

“Paling banyak itu usia 20-29 tahun, presentasenya 44,84 persen, usia produktif banget,” kata Ketua Seketrariat KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi, dikutip dari GridHEALTH.id, Rabu (24/8/2022).

Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) pun juga tertular penyakit ini dari suaminya yang diduga melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan perempuan lain.

HIV/AIDS

HIV/AIDS memang bukan penyakit baru dan banyak orang yang sudah familiar tentang masalah kesehatan ini. HIV merupakan penaykit infeksi yang disebabkan oleh virus human immunodeficiency.

Dilansir dari laman hiv.gov, sel-sel sehat dalam tubuh yang bertugas melawan infeksi, diserang oleh virus HIV hingga mereka jadi rentan terserang penyakit lain.

Nah, apabila HIV tidak ditangani sejak awal, maka kondisinya akan mengarah pada AIDS atau acquired immunodeficiency syndrome.

Jika sudah sampai AIDS, itu artinya infeksi HIV sudah mencapai tahap akhir, di mana sistem kekebalan tubuh telah rusak parah karena virus.

Baca Juga: 414 Mahasiswa dan 664 Ibu Rumah Tangga di Kota Bandung Terinfeksi HIV AIDS, Awalnya Mirip Flu