Find Us On Social Media :

7 Sumber Makanan Bayi Terbaik Untuk Usia 1 Tahun Agar Cepat Gemuk

Ketahui sumber makanan untuk MPASI agar bayi cepat gemuk.

GridHEALTH.id - Jika para ibu khawatir bayinya memiliki berat badan kurang, ingatlah bahwa bayi yang baru lahir biasanya kehilangan 3–7% (dan hingga 10%) dari berat lahirnya dalam beberapa hari pertama kehidupannya, yang akan didapatkan kembali pada minggu kedua mereka.Sampai mereka mencapai tanda 6 bulan, bayi harus mendapatkan sekitar 0,45 kg atau lebih setiap bulan.

Mereka harus menimbang sekitar tiga kali lipat berat lahir mereka sekitar akhir tahun pertama mereka.

Ingatlah bahwa angka-angka ini adalah rata-rata, dan bayi yang sehat mungkin memiliki angka kenaikan berat badan yang berbeda tergantung pada berat lahir mereka, tingkat pertumbuhan linier, dan faktor lainnya.Kita dapat bertanya kepada dokter anak bayi tentang penambahan berat badan kapan saja, seperti pada pemeriksaan kesehatan bayi mereka.Jika dokter telah mengesampingkan alasan medis untuk kenaikan berat badan bay iyang lambat, seperti masalah jantung atau pencernaan, pertimbangkan untuk memberi mereka makanan utuh yang padat kalori. Ini dapat mendorong kenaikan berat badan yang sehat.

Berikut adalah 7 makanan terbaik untuk membantu bay menambah berat badan;

1. ASI atau susu formula, bila sudah di atas 6 bulanBayi baru lahir yang disusui akan menyusu setiap 2-3 jam, jadi berikan 8-12 atau lebih pemberian makan per hari selama 4 bulan pertama.Pastikan untuk membiarkan bayi mengosongkan payudara sepenuhnya. Salah satu alasan mengapa hal ini direkomendasikan adalah karena hindmilk, yang keluar terakhir saat menyusui, mungkin lebih kaya daripada foremilk, yang keluar lebih dulu.Biarkan bayimenyusu sepenuhnya, sampai payudara terasa sangat lembut. Ini akan memastikan mereka mendapatkan semua susu yang tersedia, dan itu mengirim pesan ke tubuh  untuk membuat lebih banyak.Sampai bayi  mulai makanan padat, mereka tidak perlu minum air. Tawarkan mereka ASI atau susu formula sebagai gantinya untuk memaksimalkan jumlah kalori yang kita masukkan ke perut kecil mereka.

Baca Juga: Makanan Bayi Buatan Sendiri vs. Makanan Bayi Beli di Toko, Lihat Masing-masing Kelebihannya

Baca Juga: Cara Menurunkan Hipertensi Pada Ibu Hamil, Simak Jenis Obat Penurun Darah Tinggi yang Aman Digunakan

2. AlpukatLemak sehat alpukat dan rasanya yang relatif ringan menjadikan ini makanan yang enak saat kita mencoba membuat bayi bertambah berat badan.

Sajikan sebagai bubur pure atau kita bisa menambahkannya ke makanan lain, seperti sereal beras atau buah lain.Ada baiknya untuk memperkenalkan makanan baru satu per satu. Dengan cara ini, jika anak tidak memiliki reaksi alergi apa pun,kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mungkin menyebabkannya.

3. OatmealSereal oatmeal adalah makanan lain yang sangat kaya yang mudah ditambahkan ke makanan bayi.Untuk membuatnya, campurkan oat biasa yang dimasak dalam air, tambahkan air seperlunya untuk mendapatkan tekstur yang pekat.

Untuk membuatnya lebih enak, masak dan encerkan oatmeal dengan susu formula atau ASI saja. Naikkan teksturnya secara bertahap saat bayi merasa lebih nyaman.Oatmeal mengandung banyak serat, termasuk beta glukan, yang merupakan salah satu bentuk serat makanan larut.

Ini mendorong pertumbuhan bakteri usus menguntungkan bayi  dan dapat mendorong keragaman bakteri di usus.Terlebih lagi, oatmeal memiliki rasa yang cukup netral, yang membuatnya mudah dipadukan dengan makanan sehat dan hangat lainnya.