Find Us On Social Media :

Lezat dan Sehat, Ini 5 Jus Buah yang Bisa Jadi Obat Kolesterol

Jus nanas bisa diandalkan sebagai obat kolesterol alami di rumah.

GridHEALTH.id – Jus tidak hanya lezat dan menyegarkan, tapi juga berkhasiat sebagai obat kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat lilin yang terbentuk secara alami di dalam tubuh dan sebagian lainnya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebenarnya, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sejumlah hormone penting, salah satunya kortisol.

Hanya saja jika jumlahnya terlalu berlebihan, tentu ini akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius dan mungkin dapat mengancam jiwa.

Oleh karena itu, saat menyadari kalau kadar kolesterol terlalu tinggi, orang biasanya akan segera berusaha untuk menurunkannya.

Cara menurunkannya tidak lain adalah dengan minum obat kolesterol. Beberapa buah yang ada di rumah, dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kadar kolesterol dengan dibuat menjadi jus.

Nah, berikut ini adalah beberapa jus buah obat kolesterol yang bisa dibuat sendiri di rumah agar kadar kolesterol tetap terjaga.

1. Jus beri

Melansir Medical News Today, jus buah obat yang bisa dijadikan obat penurun kolesterol yang pertama adalah beri. Berbagai jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, hingga blackberry kaya akan antioksidan dan serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Buah beri juga rendah kalori dan lemak, serta kandungan anthocyanin yang menjadi agen antioksidan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Buatlah jus dengan menggunakan dua kepal tangan buah beri atau 80 gram dan campur dengan 1/2  gelas susu rendah lemak atau yogurt dan 1/2  gelas air dingin.

Baca Juga: Asam Urat Tidak Berani Datang Lagi, Atasi Dengan Jus Campur 4 Bahan Berikut Ini!