Find Us On Social Media :

Awas, Hindari 11 Makanan Ini Bila Tak Ingin Hipertensi Kumat

Garam meja dan gorengan, dua makanan yang harus dihindari bila tak ingin hipertensi.

GridHEALTH.id - Jika kita menyandang hipertensi atau tekanan darah tinggi, kita tahu bahwa diet sehat adalah salah satu cara paling efektif untuk mengelolanya.

Penting untuk mengonsumsi biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Selain itu, kita harus menghindari hal-hal yang tinggi gula dan natrium, yang merupakan salah satu faktor diet utama yang terkait dengan tekanan darah tinggi.Untuk membantu mengetahui apa yang harus dihindari, berikut adalah daftar 11 makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah;1. Garam mejaBanyak orang menggunakan garam meja karena kebiasaan saat menyiapkan makanan dan camilan, tetapi harus sangat dibatasi atau dihindari sama sekali ketika berhadapan dengan tekanan darah tinggi.2. Bumbu dan sausHal-hal seperti kecap, kecap, saus salad, saus barbekyu, dan saus steak semuanya mengandung banyak natrium.

Tempat lain garam tersembunyi adalah dalam saus pasta dan saus. Biasakan diri dengan bumbu dan rempah yang berbeda untuk menambah rasa pada makanan.3. Makanan dengan lemak jenuh dan transMakanan yang digoreng dengan banyak minyak atau daging yang memiliki banyak lemak tidak baik untuk tekanan darah dan kolesterol.Kurangi atau hilangkan konsumsi daging merah. Jika memang makan daging merah, pastikan kita membaca label dan memilih potongan yang paling kecil.Jika mengonsumsi banyak produk susu, beralihlah ke versi rendah lemak. Dan hati-hati dengan keju dengan kandungan garam tinggi.4. Gorengan

Baca Juga: Obat Hipertensi Bisa Merusak Ginjal? Kenali Cara Kerja Obat dan Merawat Ginjal dengan Benar

Baca Juga: Bermain Memiliki Manfaat Signifikan Untuk Kesehatan Mental Anak, Studi

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jenuh dan garam, keduanya harus kita hindari ketika memiliki tekanan darah tinggi.

Memanggang, merebus, dan menumis adalah alternatif yang baik untuk menggoreng. Air Fryer telah menjadi populer dan merupakan pilihan yang baik selama kita memperhatikan kandungan garam dari apa yang dimasak. Segala jenis campuran tepung atau bumbu harus rendah sodium.5. Makanan cepat sajiBanyak makanan yang disajikan di restoran cepat saji diproses dan dibekukan, kemudian dimasak dengan cara digoreng atau dimasak dengan minyak tinggi lemak.

Selain itu, mereka sering sangat asin. Karena ini adalah makanan yang meningkatkan tekanan darah, mereka harus dihindari.6. Makanan kalengan, beku dan olahanMakanan ini mungkin nyaman, namun, banyak di antaranya mengandung garam tambahan dalam jumlah besar untuk mempertahankan rasa melalui proses pengalengan, pengemasan, atau pembekuan.

Sup kalengan, tomat kalengan, pizza beku, dan semua makanan beku lainnya kebanyakan tinggi sodium.

Intinya adalah, jika makanan diproses dengan cara tertentu, biasanya melibatkan penambahan beberapa bentuk garam, yang tidak baik untuk tekanan darah.7. Daging deli dan daging yang diawetkanMakanan lain yang penuh natrium adalah daging deli. Daging makan siang sering diawetkan, diawetkan atau dibumbui dengan garam, membuatnya tinggi sodium. Daging yang diawetkan seperti bacon juga terlarang.8. Camilan asin

Baca Juga: Gatal dan Mengganggu, Begini Cara Pengobatan Gangguan Kulit Biduran

Baca Juga: Virus Corona Sebabkan Kadar Gula Darah Tinggi Pada yang Terinfeksi