Find Us On Social Media :

Selain Nasi, Ternyata Kita Bisa Membuat MPASI dengan Sumber Karbohidrat Ini

Resep MPASI bubur Zukini cocok untuk bayi di atas 8 bulan

GridHEALTH.id - Rata-rata, setiap bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Di awal usia tersebut biasanya ibu memberikan makanan yang mudah ditelan sehingga sistem pencernaan bayi tidak “kaget”, seperti bubur atau makanan lembek lainnya.

Namun, setelah memasuki usia 8 bulan dan seterusnya, ada beberapa bayi yang sudah mulai melakukan gerakan tutup mulut dengan makanan seperti itu.

Hal ini kadang membuat orangtua panik dan bingung mencari bagaimana cara mengajaknya agar tetap memiliki selera makan.

Sara Lappe, MD kontributor dari Cleveland Clinic menyatakan bahwa memberi makan bayi tidak harus menjadi situasi yang membuat orangtua stress

Penting diketahui, orangtua harus memberikan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi pada bayi yang mendapat MPASI.

Selain karbohidrat dan lemak, makanan yang mengandung protein hewani juga harus diberikan.

Vitamin dan mineral yang juga harus diberikan pada makanan pendamping ASI terutama zat besi, seng dan vitamin A karena kandungan zat tersebut pada ASI sudah tidak dapat mengejar kebutuhan bagi si bayi. 

Pemberian karbohidrat untuk MPASI tidak hanya berupa nasi. Setelah usia 10 bulan, bayi bisa dicoba untuk diperkenalkan sumber karbohidrat lain.

Namun diperkenalkannya satu per satu dan setiap perkenalan jangan dilakukan tergesa-gesa. Inilah sumber karbohidrat MPASI selain nasi;

1. SingkongMengandung energi sebesar 154 kkal, protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B, B1 dan C. Dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, singkong terbilang jarang dijadikani menu MPASI karena ibu lebih memilih nasi/beras putih yang lebih praktis dalam penyajiannya.

Baca Juga: Healthy Move, Cara Berhenti Makan Berlebihan Setelah Berolahraga

Dalam 100 gram singkong mengandung karbohidrat 34 gram. Singkong yang sudah direbus atau dikukus memiliki tekstur yang lembut.

Kita dapat mengolah singkong menjadi puree yang dicampur dengan buah, misalnya puree singkong dan apel.2. JagungRasa jagung yang manis membuat makanan ini disukai oleh berbagai usia. Jagung dapat diolah menjadi bubur, puding, kue, jus, hingga campuran sayuran.Karbohidrat yang terkandung pada jagung yaitu 73,7 gram. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk daya tahan tubuh si kecil, kesehatan gusi dan tulang.Untuk bayi yang baru memulai MPASI, sebaiknya jagung diparut dulu karena bayi belum bisa mencerna kulit ari jagung. Dan bila diberikan butiran jagung utuh bisa tersedak.

Untuk bayi berusia 10 bulan, ibu dapat memberikan puree kentang dan jagung.3. Ubi jalarAda tiga   jenis, yaitu ubi putih, ubi kuning/merah dan ubi ungu. Sumber karbohidrat ini mudah dijumpai di pasar maupun supermarket.

Ubi mengandung karbohidrat 27,9 gram dengan indeks glikemik 54 (rendah). Glikemik ini ukuran kecepatan makanan yang diubah menjadi gula darah.