Find Us On Social Media :

10 Ciri Jantung Sehat yang Aman Terhindar dari Risiko Penyakit

Kebiasaan melangkah setiap hari juga dapat menjadi tanda jantung sehat yang kita miliki.

GridHEALTH.id - Menjaga kesehatan jantung adalah sesuatu yang dapat kita lakukan setiap hari.

Apa yang kita makan, seberapa banyak kita bergerak, apakah kita merokok dan mengontrol kolesterol dan tekanan darah adalah hal yang dapat berdampak besar pada jantung.

Memiliki jantung sehat sangat penting untuk terhindar dari penyakit kronis atau akut. Mengutip WHO, penyakit kardiovaskular adalah sekelompok gangguan kesehatan penyebab utama kematian secara global.

Penyakit kardiovaskular meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah Lebih dari 4/5 kematian orang dengan penyakit kardiovaskular disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Dikutip dari Framingham Heart Study bahwa seseorang hanya memiliki 5% kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular pada usia tua sekitar 95 tahun, jika ia bebas dari faktor berikut.

Yaitu LDL yang merupakan lemak 'jahat' rendah, tidak mempunyai tekanan darah tinggi, tidak diabetes, tidak obesitas dan tidak merokok.

Mengutip Medicine Net yang diambil dari Kompas.com (22/07/2022), berikut tanda-tanda jantung sehat yang aman terhindar dari risiko penyakit mengancam nyawa:

1. Detak jantung istirahat normal

Orang dewasa nonatlet memiliki jantung sehat, jika detak jantung istirahat normal, yaitu 60-100 denyut per menit.

Sedangkan, detak jantung istirahat normal untuk atlet sekitar 40-60 denyut per menit. Sebelum mengukur detak jantung, disarankan beristirahat sejenak 10-15 menit setelah beraktivitas.

2. Tekanan darah normal

Tekanan darah optimal adalah 120/80 mmHg dan amannya di bawah 140/80 mmHg. Angka atas mengukur tekanan arteri, sedangkan angka bawah mengukur tekanan otot jantung  saat rileks.