Find Us On Social Media :

Saat Menstruasi Mengalami Mual, Jangan Takut, Pilih 1 dari 10 Tips Ini Untuk Mengatasinya

Mual saat menstruasi bukan hal yang amneakutkan. Tapi jika dibarengi dengan hal ini. Baiknya ke dokter.

GridHEALTH.id - Tidak sedikit wanita yang mengalami hal tidak mengenakan saat haid.

Walau hal itu wajar, namun sangat menganggu dan menyiksa.

Saat hiad tiba identik dengan kondisi kram perut, namun sebenarnya beberapa wanita juga berpotensi mengalami mual.

Tahukah rasa mual yang datang saat menstruasi berasal dari hormon prostaglandin yang tubuh hasilkan selama haid.Hormon prostaglandin sebagian besar akan keluar bersama darah menstruasi dari dalam tubuh.

Sebagian masuk ke peredaran darah dan menyebabkan mual, diare, muntah, hingga sakit kepala.

Karenanya muncul mual saat menstruasi.

Memang tidak berbahaya mual saat menstruasi, tapi harus diatasi supaya hari-hari yang dijalani bisa nyaman dan produktif.

Berikut beberapa cara mengatasi mual karena haid seperti berikut untuk kenyamanan menjalani aktivitas selama haid, dikutip dari IDN Medis.PereganganPeregangan dapat membantu supaya rasa mual maupun kram bisa berkurang secara alami.

Baca Juga: Meningkatkan Tekanan Darah dengan Minum Larutan Air Garam, Bolehkah?

Meregangkan tubuh secara perlahan dalam intensitas yang rendah bisa mengurangi ketidaknyamanan pada perut.Selain itu, peregangan juga dapat mengurangi peradangan maupun stres yang tubuh hasilkan sebagai reaksi sehingga mual ikut mereda.Selain itu, melakukan peregangan membantu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang sehingga menjalani masa menstruasi menjadi lebih ringan.

Minum air JaheJahe tidak hanya berguna ketika tubuh sedang masuk angin atau kedinginan.Jahe dapat meredakan rasa mual, termasuk mual yang disebabkan oleh siklus menstruasi.Mual saat haid bisa terjadi karena peningkatan kadar estrogen dalam tubuh di mana peningkatan prostaglandin pun ikut terjadi karenanya.Oleh sebab itu, mual menjadi keluhan normal yang wanita alami selama haid.Nah dengan minum air jahe kadar prostaglandin dapat berkurang dan perut akan terasa nyaman kembali.

Mual saat menstruasi pun bisa disebabkan oleh proses pengosongan perut yang membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya akibat gangguan pencernaan.Dengan mengonsumsi air jahe, waktu proses pengosongan perut dapat lebih singkat.