Find Us On Social Media :

Konsumsi 10 Makanan Lezat yang Jadi Penguat Kesehatan Jantung

Dark chocolate atau cokelat hitam, salah satu makanan lezat penguat kesehatan jantung.

GridHEALTH.id - Bicara soal kesehatan jantung, yang sering diulas adalah makanan yang perlu dihindari alias tidak boleh dimakan.

Tetapi sebenarnya ada banyak makanan enak yang bisa menjadi bagian dari diet jantung sehat. Banyak dari kita sering lupa bahwa makanan yang kita makan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan mempengaruhi hampir setiap aspek kesehatan jantung,  baik atau buruk.

Selain meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, pola makan dapat secara langsung memengaruhi tekanan darah, peradangan, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.Untungnya, tidak ada kekurangan pilihan makanan dalam hal makan untuk kesehatan jantung. Nutrisi utama, seperti asam lemak omega-3, serat, lemak tak jenuh tunggal, kalium dan antioksidan menjadi makanan yang baik bagi jantung.Selain sayuran hijau, alpukat, dan biji-bijian, berikut adalah makanan lezat dan menyehatkan jadi penguat kesehatan jantung;

-  Ikan. Sering disebut ikan berlemak, salmon, dan tuna dikemas dengan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi jantung, yang membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol total saat makan malam.

- Gandum. Contohnya oat dikemas dengan serat, yang dapat menurunkan kolesterol dan melindungi jantung. Plus, kita dapat memuat salah satu hidangan ini dengan buah segar yang lezat.

- Berry. Apa buah berry favoritmu? Mereka semua dikemas dengan komponen yang menyehatkan jantung, termasuk fitonutrien dan serat. “Anthocyanin” yang memberi buah beri warna merah atau biru adalah antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

- Cokelat hitam. Kita bisa menjalani diet jantung sehat dan tetap makan cokelat. Pilih sebagian kecil cokelat dengan persentase kakao tertinggi yang cocok untuk kita. Semakin banyak kakao-nya, serat dan protein dalam cokelat meningkat dan gula berkurang.

- Kentang.  Kentang mengandung jumlah potasium dan serat yang baik, yang dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Tetapi bukan kentang goreng.

- Kacang-kacangan. Kacang-kacangan dan lentil mengandung segala macam nutrisi yang menyehatkan jantung, termasuk serat dan vitamin B.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung, Usia Boleh Tua, Kondisi Jantung Tetap Muda!

Baca Juga: Prostate Cancer Awareness Month , Tidak Perlu ke Luar Negeri, Operasi Kanker Prostat dengan Robot Bisa Dilakukan di Indonesia

- Tomat. Seperti kentang, tomat mengandung potasium. Tetapi mereka juga mengandung komponen lain dari diet jantung sehat yaitu likopen, antioksidan yang telah dikaitkan dengan kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah dan risiko serangan jantung yang lebih rendah.