Find Us On Social Media :

5 Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Urat, Kunci Mencegah Kumat

Aerobik, salah satu gaya hidup sehat untuk mengatasi asam urat.

GridHEALTH.id - Asam urat tinggi yang menyerang tiba-tiba tentu menjadi kondisi yang dihindari bagi penderita asam urat.

Sehingga menjaga kadar asam urat agar tidak tinggi adalah hal yang perlu dilakukan oleh penderitanya.

Salah satu cara jaga asam urat tinggi bisa dilakukan dengan menjaga gaya hidup sehat, cobalah untuk mulai menerapkannya.

Dilansir dari berbagai sumber, dikatakan ada lima jenis gaya hidup sehat yang baik untuk penderita asam urat, yaitu:

1. Olahraga yang teratur

Penderita asam urat jangan takut untuk bergerak aktif meski memiliki asam urat, karena dengan olahraga yang teratur akan membantu penderita asam urat menghindari kekakuan pada sendi dan otot.

Lakukan olahraga yang memang dianjurkan untuk penderita asam urat, seperti berjalan kaki, senam, berenang, bersepeda, aerobik, dan lainnya agar menghindari risiko komplikasi, jangan lupa untuk tidur yang cukup.

2. Banyak minum air putih

Mengkonsumsi banyak air putih dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, hasilnya akan membuat ginjal sehat sehingga fungsi tubuh ginjal berjalan baik dan mampu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Konsumsi air putih dapat disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin seseorang sesuai dengan anjuran Angka Kecukupan Gizi dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2019.

Disebutkan dalam aturan tersebut bahwa untuk wanita berusia 19-64 tahun minimal minum 11 gelas, dengan satu gelas ukuran 220 ml.

Baca Juga: Atasi Asam Urat di Kaki Dengan 6 Herbal Ini, Cukup Pilih Salah Satu Supaya Tak Kambuh Lagi