Find Us On Social Media :

Healthy Move, Luangkan Waktu 10 Menit Untuk Yoga Bisa Menyehatkan Jantung, Studi

Yoga memberi manfaat untuk kesehatan jantung.

GridHEALTH.id -  Yoga bukan olahraga biasa, Yoga memiliki beberapa manfaat dasar yang jika dipraktikan dengann baik dan benar, mampu menyeimbangkan kebugaran jasmani dan rohani.

Paling sering kita dengar adalah manfaat melakukan yoga untuk mengurangi stres.

Memang gerakan yoga dibuat sedemikian rupa sehingga bisa membuat otot-otot kita menjadi relax sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Hal itu terjadi karena gerakan yoga juga terbukti menurunkan sekresi kortisol, hormon utama penyebab stres.

Dilansir dari Health Line  sebuah penelitian pernah dilakukan bagi 24 wanita yang memilki masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan dan depresi.

Setelah melakukan yoga selama 3 bulan, terbukti tingkat hormon kortisol dalam tubuh mereka mengalamai penurunan yang cukup signifikan.

Hasilnya, mereka pun merasa memiliki tingkat stres, kelelahan, dan depresi yang lebih rendah.

Penelitian terbaru dari John Hopkins Medicine memperlihatkan, yoga memiliki efek yang sangat nyata pada kesehatan.  Faktanya, yoga bahkan berkontribusi pada kesehatan jantung kita.

Itu karena latihan yoga secara teratur diketahui dapat mengurangi tingkat stres dan peradangan di sekitar tubuh.

Yoga juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu kita menurunkan berat badan berlebih, yang merupakan dua kontributor utama penyakit jantung.

Karena penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu baik pria maupun wanita di seluruh Amerika Serikat, yoga adalah olahraga cerdas yang dapat dicoba oleh siapa saja.

Faktanya, sekitar 2 juta orang kehilangan nyawa karena penyakit jantung setiap tahun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC/Centre for Disease Control and Prevention).