Find Us On Social Media :

Obat Hipertensi dari Buah Belimbing yang Punya Banyak Manfaat, Cek Disini

Belimbing sebagai obat hipertensi alami.

GridHEALTH.id - Belimbing, lebih dikenal sebagai 'Buah Belimbing' (star fruit), adalah buah tropis eksotis yang secara tradisional tumbuh subur di Asia Tenggara.

Saat ini, buah ini tersedia di sebagian besar dunia karena tidak hanya diekspor, tetapi juga ditanam di wilayah lain.IklanBuahnya berbentuk hampir lonjong dan memiliki permukaan mengkilap seperti lilin yang memiliki rona kehijauan kekuningan.

Daging buahnya juga memiliki warna kuning meskipun bisa sangat bervariasi dari warna gelap hingga terang. Permukaan buahnya tidak licin, tetapi memiliki lobus atau tonjolan yang memanjang. Karena tonjolan ini, ketika diiris melintang buah menghasilkan irisan berbentuk bintang yang jelas.Buah yang renyah dan berair sangat populer di Asia Tenggara, tempat buah ini tumbuh secara tradisional.

Buah-buahan biasanya mengandung sekitar 10 hingga 12 biji, yang juga dapat dimakan. Tergantung pada varietas belimbing atau belimbing, dagingnya mungkin manis atau pahit, tetapi kedua varietas tersebut banyak dikonsumsi.

Buahnya memiliki tekstur yang renyah dan garing yang menambah daya tariknya. Menurut sebagian besar ahli, buah dengan kualitas terbaik adalah buah yang dibiarkan matang di pohon. Sementara buahnya mulai berwarna hijau, menjadi kuning khas saat matang.Seperti kebanyakan buah lainnya, belimbing memang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sebuah penelitian yang muncul di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine memaparkan penggunaan belimbing untuk penderita hipertensi dan jantung juga dapat membantu karena beberapa ahli kesehatan alami menyarankan bahwa buah belimbing memiliki efek penurun kolesterol.

Belimbing tidak hanya dapat dikonsumsi mentah, tetapi juga dapat digunakan dalam berbagai masakan.

Irisan buah ini dapat digunakan untuk menghias berbagai makanan dan dapat ditambahkan ke salsa, saus, salad, acar, dan chutney.

Kita bahkan dapat menggunakan irisan pada tusuk sate dengan keju cottage, udang atau ayam.

Baca Juga: Daun Belimbing Wuluh, Pengobatan Rumahan Alami Untuk Diabetes

Baca Juga: Sederet Aktivitas Fisik Penting Bagi Kesehatan Jantung Selain Berolahraga

Berikut adalah resep yang dapat kita gunakan untuk memasukkan buah  ini ke dalam makanan;