Find Us On Social Media :

Waspada Keganasan Kanker Rongga Mulut, Gejala Awalnya Mirip Sariawan

Kanker rongga mulut menyebabkan gejala yang mirip sariawan, tapi sulit disembuhkan.

GridHEALTH.id - Keganasan kanker rongga mulut tak boleh dianggap sebagai sesuatu yang sepele.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2020 terdapat 177 ribu pasien kanker rongga mulut yang meninggal dan 377 ribu kasus baru.

Deteksi dini kanker rongga mulut sangat penting, karena dapat meningkatkan kemungkinan untuk sembuh.

Gejala kanker rongga mulut

Mengetahui gejala awal kanker rongga mulut, merupakan salah satu cara untuk mendeteksi penyakit ini. Ketika mengalaminya, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Keluhan yang dialami oleh pengidap kanker rongga mulut terkadang disalahartikan sebagai sariawan. Padahal, kedua kondisi tersebut berbeda.

Dokter spesialis bedah mulut, drg. Didit Istadi, Sp.BM, mengatakan bahwa gejala kanker rongga mulut mempunyai ciri khas.

Pertama, rongga mulut akan terasa perih dan ini bertahan sangat lama. Sedangkan jika yang terjadi adalah sariawan biasa, maka nyerinya hanya akan terasa 2-3 hari saja.

Kedua, luka di mulut yang diakibatkan oleh kanker juga tidak akan hilang meski sudah berlangsung selama 2 minggu dan cenderung lebih kuat.

“Sariawan itu berarti kalau 2 minggu seharusnya sudah mulai samar lukanya, kalau tidak, bisa diarahkan ke arah kanker,” kata dokter Didit, dikutip dari kanal YouTube Rumah Sakit Akademik UGM (19/4/2022).

Ketiga, luka di mulut tidak menunjukkan reaksi pada obat-obatan yang diberikan.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai!