Find Us On Social Media :

Obat Kolesterol Pravastatin, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Obat kolesterol pravastatin tak boleh dikonsumsi ibu hamil maupun menyusui.

GridHEALTH.id – Minum obat kolesterol adalah cara untuk mengembalikan kadar kolesterol dalam darah menjadi normal.

Selain untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, obat kolesterol pravastatin juga membantu mencegah penyakit jantung termasuk serangan jantung dan stroke.

Pravastatin merupakan golongan obat statin. Dokter biasanya akan meresepkan obat ini jika dalam keluarga ada riwayat penyakit jantung atau memiliki penyakit kronis seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2 atau rheumatoid arthritis.

Obat kolesterol pravastatin diminum setiap malam

Dosis obat ini berbeda-beda, karena disesuaikan dengan kadar kolesterol dan adakah obat lain yang sedang dikonsumsi juga.

Dilansir dari NHS, untuk orang dewasa, rata-rata dosis pravastatin yang dibutuhkan sekitar 10mg hingga 40mg per harinya.

Sementara untuk anak-anak, pravastatin akan diresepkan sekitar 10mg. Tapi, bisa juga dinaikkan menjadi 40mg, seiring dengan bertambahnya usia.

Ingat, obat koletserol ini hanya diminum satu kali sehari saja. Lebih baik dilakukan pada malam hari, karena bertepatan dengan tubuh membuat sebagian besar kolesterol.

Penderita kolesterol tinggi bisa meminumnya sebelum atau sesudah makan, karena obat ini tidak menyebabkan sakit perut.

Lantaran termasuk golongan statin, maka obat kolesterol pravastatin harus dikonsumsi seumur hidup. Jika berhenti mendadak dan tidak ada pengobatan lain yang dijalankan, maka siap-siapa saja kadar kolesterol akan melonjak.

Efek samping pravastatin

Baca Juga: Tempe dan Oncom, Makanan Murah Penurun Kolesterol Tinggi dan Diabetes