Find Us On Social Media :

Pilihan Salep Panu yang Tersedia di Apotik Lengkap dengan Harga Terbaru

Panu bisa disembuhkan dengan obat di apotek.

GridHEALTH.id - Panu, atau tinea versikolor, kadang-kadang disebut pityriasis versicolor, adalah infeksi kulit jamur/ragi yang menyebabkan bercak-bercak kecil berbentuk oval pada kulit.

Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur tertentu yang disebut Malassezia, yang secara alami ada pada kulit sekitar 90% orang dewasa. Bercak kulit yang berubah warna ini paling sering terjadi di punggung, dada, dan lengan atas. Mereka mungkin terlihat lebih terang atau lebih gelap dari bagian kulit kitaa yang lain, dan bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Bercak ini bisa gatal, bersisik, atau bersisik. Tinea versikolor lebih mungkin terjadi selama musim panas atau di daerah dengan iklim yang hangat dan basah. Kondisi ini terkadang dapat kembali setelah perawatan.

Panu tidak berbahaya, meski begitu pertumbuhan jamur ini dapat mengganggu kepercayaan diri apa lagi terdapat pada area yang terbuka seperti wajah, leher atau tangan. 

Selain mengganggu penampilan kulit, panu juga dapat menyebabkan rasa gatal terutama ketika tubuh sedang berkeringat.

Untuk mengobati panu, diperlukan salep antijamur. Obat antijamur bekerja untuk mengobati infeksi jamur. Mereka dapat membunuh jamur secara langsung atau mencegahnya tumbuh dan berkembang.

Obat antijamur tersedia sebagai perawatan OTC atau obat resep, dan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk krim atau salep, obat oral, bubuk, semprotan dan sampo.

Dalam kasus yang lebih persisten atau parah, dokter mungkin meresepkan obat antijamur yang lebih kuat untuk membantu mengobati infeksi.

Obat Panu di Apotek

Cara menghilangkan panu sampai ke akarnya saat ini cukup mudah, beberapa jenis obat panu banyak dijual di apotek dengan merek, bahan kandungan dan harga yang bervariatif. 

Setidaknya terdapat tiga jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan panu membandel, yaitu obat panu krim atau salep, obat panu tablet atau pil dan obat panu cair.

Baca Juga: Simak Perbedaan Panu, Kudis dan Kurap Serta Cara Mengobatinya

Baca Juga: Healthy Move, Viral di TikTok Hula Hoops Berbobot, Bantu Menurunkan Berat Badan dengan Cepat