Find Us On Social Media :

Simak Perbedaan Panu, Kudis dan Kurap Serta Cara Mengobatinya

Gatal adalah salah satu ciri kita terkena infeksi kulit akibat jamur.

GridHEALTH.id - Meskipun ada jutaan spesies jamur, hanya sekitar 300 yang benar-benar dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Dan beberapa jenis infeksi jamur yang dapat mempengaruhi kulit Anda.Apa itu infeksi jamur kulit? Jamur hidup di mana-mana. Mereka dapat ditemukan di tanaman, tanah, dan bahkan di kulit.

Organisme mikroskopis pada kulit  biasanya tidak menimbulkan masalah, kecuali mereka berkembang biak lebih cepat dari biasanya atau menembus kulit melalui luka atau lesi.Karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab, infeksi kulit jamur sering dapat berkembang di area yang berkeringat atau lembab yang tidak mendapatkan banyak aliran udara. Beberapa contoh termasuk kaki, selangkangan, dan lipatan kulit.Seringkali, infeksi ini muncul sebagai ruam bersisik atau perubahan warna kulit yang sering terasa gatal.Beberapa infeksi kulit jamur sangat umum terjadi. Meskipun infeksi dapat mengganggu dan tidak nyaman, biasanya tidak serius.Infeksi jamur kulit sering menyebar melalui kontak langsung. Ini dapat mencakup kontak dengan jamur pada pakaian atau barang lain, atau pada orang atau hewan.

Apa infeksi kulit jamur yang paling umum? Banyak infeksi jamur umum dapat mempengaruhi kulit. Selain kulit, area umum lainnya untuk infeksi jamur adalah selaput lendir. Beberapa contohnya adalah infeksi jamur vagina dan sariawan.Di bawah ini, tiga jenis infeksi jamur paling umum yang dapat berdampak pada kulit yaitu kurap, panu, dan kudis.

1. Kurap tubuh (tinea corporis/ringworm)Berlawanan dengan namanya, kurap disebabkan oleh jamur dan bukan cacing. Ini biasanya terjadi pada batang tubuh dan anggota badan. Kurap di area tubuh lain bisa memiliki nama yang berbeda, seperti kutu air dan gatal di selangkangan.Gejala utama kurap adalah ruam berbentuk cincin dengan tepi sedikit terangkat. Kulit di dalam ruam melingkar ini biasanya terlihat sehat. Ruam dapat menyebar dan seringkali terasa gatal.

Baca Juga: Tak Cuma Buat Bumbu Dapur, Lengkuas Ternyata Bisa Jadi Pengusir Panu

Baca Juga: Healthy Move, Viral di TikTok Hula Hoops Berbobot, Bantu Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Kurap adalah infeksi jamur kulit yang umum dan sangat menular. Ini tidak serius, dan biasanya dapat diobati dengan krim antijamur.

2. Panu (tinea versikolor)

Panu, atau tinea versikolor, kadang-kadang disebut pityriasis versicolor, adalah infeksi kulit jamur/ragi yang menyebabkan bercak-bercak kecil berbentuk oval pada kulit.

Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur tertentu yang disebut Malassezia, yang secara alami ada pada kulit sekitar 90% orang dewasa.Bercak kulit yang berubah warna ini paling sering terjadi di punggung, dada, dan lengan atas. Mereka mungkin terlihat lebih terang atau lebih gelap dari bagian kulit kitaa yang lain, dan bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Bercak ini bisa gatal, bersisik, atau bersisik.Tinea versikolor lebih mungkin terjadi selama musim panas atau di daerah dengan iklim yang hangat dan basah. Kondisi ini terkadang dapat kembali setelah perawatan.

3. Kudis (kandidasis kulit)

Ini adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur Candida. Jenis jamur ini secara alami ada di dalam dan di dalam tubuh kita. Ketika tumbuh berlebihan, infeksi bisa terjadi.Infeksi kulit Candida terjadi di daerah yang hangat, lembap, dan berventilasi buruk. Beberapa contoh area khas yang dapat terpengaruh termasuk di bawah payudara dan di lipatan bokong, seperti ruam popok.Gejala-gejala infeksi Candida pada kulit dapat meliputi ruam merah, gatal, dan pustula merah kecil.