Find Us On Social Media :

Konsumsi Makanan Sehat, Pilihan Makanan Bagi Penyandang Jantung Bengkak

Contoh makanan sehat bagi penyandang jantung bengkak.

GridHEALTH.id - Jantung yang membesar (kardiomegali) atau jantung bengkak istilah awam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu tanda dari suatu kondisi lain. Istilah "kardiomegali" mengacu pada pembesaran jantung yang terlihat pada tes pencitraan apa pun, termasuk rontgen dada. Tes lain kemudian diperlukan untuk mendiagnosis kondisi yang menyebabkan pembesaran jantung. Kerusakan jantung dan beberapa jenis penyakit jantung dapat menyebabkan pembesaran jantung.

Terkadang stres jangka pendek pada tubuh, seperti kehamilan, dapat menyebabkan jantung menjadi lebih besar. Tergantung pada kondisinya, jantung yang membesar mungkin bersifat sementara atau permanen. Perawatan untuk jantung yang membesar mungkin termasuk obat-obatan, prosedur medis atau operasi.

Gejala. Pada beberapa orang, pembesaran jantung (kardiomegali) tidak menimbulkan tanda atau gejala. Orang lain mungkin memiliki tanda dan gejala kardiomegali ini:

- Sesak napas, terutama saat berbaring

- Bangun tidur sesak napas

- Irama jantung tidak teratur (aritmia)

- Pembengkakan (edema) di perut atau kaki

Konsumsi makanan sehat merupakan pilihan makanan yang bijak bagi penyandang jantung bengkak. Berikut 7 panduannya:

1. Kurangi lemak jenuh dan lemak trans

Baca Juga: Begini Cara Mengenali Gejala Jantung Bocor dan Cara Mengatasinya

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Tak Punya Riwayat Penyakit Serius dan Sukses Menjadi Penyintas Covid-19

American Heart Association dan American College of Cardiology Lifestyle Management Guidelines (2013) mengatakan, orang harus makan makanan yang sehat dan mengurangi lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan mereka.