Find Us On Social Media :

2 Jenis Minyak Esensial Bisa Usir Panu Membandel, Coba Sekarang!

Minyak pohon teh dan minyak kayu manis, pengobatan alami digunakan untuk mengusir panu.

GridHEALTH.id - Panu, atau tinea versikolor, kadang-kadang disebut pityriasis versicolor, adalah infeksi kulit jamur/ragi yang menyebabkan bercak-bercak kecil berbentuk oval pada kulit.

Ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur tertentu yang disebut Malassezia, yang secara alami ada pada kulit sekitar 90% orang dewasa.Bercak kulit yang berubah warna ini paling sering terjadi di punggung, dada, dan lengan atas. Mereka mungkin terlihat lebih terang atau lebih gelap dari bagian kulit kitaa yang lain, dan bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Bercak ini bisa gatal, bersisik, atau bersisik.Tinea versikolor lebih mungkin terjadi selama musim panas atau di daerah dengan iklim yang hangat dan basah. Kondisi ini terkadang dapat kembali setelah perawatan.

Jamur yang mengakibatkan panu dapat menyerang siapa saja. Oleh sebab itu, waspadai perubahan warna yang muncul pada kulit yang mungkin saja adalah panu. Apalagi disertai gatal, dan ingat, panu bisa menular, oleh sebab itu wajib diatasi sesegera mungkin.

Untuk mengobati panu, kita dapat menggunakan salep/obat yang diresepkan dokter, tetapi juga melalui pengobatan alami atau pengobatan rumahan.

Dilansir dari Mind Body Green, berikut dua minyak esensial yang berasal dari pohon teh dan pohon kayu manis yang bisa digunakan untuk mengusir panu'

1. Minyak pohon teh/tea tree oil Salah satu kegunaan utama minyak pohon teh (tea tree oil) adalah mempunyai sifat antibakteri dan jamur. Ketika dikombinasikan dengan minyak zaitun extra virgin atau minyak kelapa, ini dapat membantu memerangi penyebaran jamur.

Jadi, ambillah sebotol Minyak Pohon Teh yang telah ditambahkan ke dalam diffuser minyak esensial aromaterapi dan campurkan dengan beberapa minyak yang ada di sekitar kita.

Oleskan campuran tersebut ke area yang terkena panu dengan bola kapas, lalu keringkan. Setelah kering, bilas area tersebut dengan air hangat.

Lakukan ini dua kali sehari selama beberapa minggu. Jika mengalami rasa gatal, hentikan dan minta petunjuk dokter.

Baca Juga: Meski Jarang Terjadi, Gejala Hipertensi Paru Bisa Membahayakan Jiwa, Jangan Disepelekan

Baca Juga: Pilihan Salep Panu yang Tersedia di Apotik Lengkap dengan Harga Terbaru

2. Minyak kayu manis/cinnamon oilMinyak kayu manis adalah antibakteri alami dan memiliki sifat antiseptik. Minyak kayu manis umumnya digunakan untuk berbagai infeksi kulit dan jamur.