Find Us On Social Media :

Gaya Hidup Sehat Penderita Hipertensi, Lakukan Olahraga Ini Agar Tensi Turun

Bersepeda statis jadi olahraga gaya hidup sehat bagi penderita hipertensi.

GridHEALTH.id - Para penyandang hipertensi atau tekanan darah tinggi, tetap harus memperhatikan rutinitas keluarga sebagai bagian dari gaya hidup.

Mengapa? Karena menjadikan olahraga sebagai kebiasaan dapat membantu menurunkan tekanan darah.  Ini juga memberi kita lebih banyak energi, dan cara yang bagus untuk meredakan stres serta merasa lebih baik.

Tetapi, periksa dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika sebelumnya tidak pernah berolahraga. Dokter akan memastikan kita siap untuk berolahraga, dan menyarankan olahraga apa yang bisa kita lakukan.

Kabar baiknya, kita tidak perlu ke gym. Cukup rutin dilakukan setiap hari, dan membuat jantung berdetak sedikit lebih cepat yang berarti ada unsur kardio.

Itu termasuk jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, angkat beban, atau melakukan pekerjaan rumah.

Ada tiga jenis latihan dasar:

1. Kardiovaskular, atau aerobik, olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih kuat.

Contohnya termasuk berjalan, joging, lompat tali, bersepeda (tidak bergerak atau di luar ruangan), ski lintas alam, skating, mendayung, aerobik berdampak tinggi atau rendah, berenang, dan aerobik air.

2. Latihan kekuatan membangun otot yang kuat yang membantu kita membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini juga baik untuk persendian dan tulang.

3. Peregangan membuat kita lebih fleksibel, membantu kita bergerak lebih baik, dan membantu mencegah cedera.

Seberapa Sering Penyandang Hipertensi Harus Berolahraga?

Lakukan aktivitas sedang, seperti jalan cepat, minimal 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Jika kekurangan waktu, aktivitas berat, seperti jogging, memberi kita manfaat yang sama dalam 20 menit, 3 hingga 4 hari seminggu.