Find Us On Social Media :

Cara Mendeteksi Bayi Kembar Beda Ayah Sejak dalam Kandungan, Mau Tahu?

Bayi kembar beda ayah, bisa berisiko bagi si bayi sejak dalam kandungan dan juga bagi si ibu. Ini cara deteksinya.

GridHEALTH.id - Baru-baru ini ada berita heboh mengenai bayi kembar yang teryata setelah di test DNA hasilnya berbeda.

Hal ini ini menyiratkan jika si kembar saudara satu ibu tapi beda ayah.

Mengutip dari Daily Mail Selasa (13/9/2022), wanita yang berasal dari Minerios di Goias itu melahirkan anak kembar sembilan bulan setelah berhubungan asusila dengan dua pria di hari yang sama.Setelah melahirkan, dia melakukan tes paternitas karena dia ingin memastikan siapa ayahnya.Betapa terkejutnya dia setelah mengetahui anak kembarnya memiliki ayah biologis yang berbeda.

Baca Juga: Penting Diperhatikan! Ini Penularan Cepat Kutil Kelamin Tak Hanya Saat Bercinta

Dia melakukan tes DNA menggunakan sampel orang yang dia pikir adalah ayahnya.Setelah hasil tes keluar, dia menemukan bahwa hanya satu dari anaknya yang positif untuk tes DNA, sementara yang lain tidak."Saya ingat bahwa saya telah berhubungan seks dengan pria lain dan memanggilnya untuk mengikuti tes, dan hasilnya positif.Saya terkejut dengan hasilnya. Saya tidak tahu ini bisa terjadi dan bayinya sangat mirip," katanya dalam percakapan dengan media lokal.

Kejadian ini dalam dunia medis disebut superfekundasi heteroparental.

Baca Juga: Vaksin PCV Kini Gratis, Sebelumnya Harus Bayar 900 Ribu, Cegah Stunting

"Itu mungkin terjadi ketika dua telur dari ibu yang sama dibuahi oleh pria yang berbeda. Bayi-bayi itu berbagi materi genetik ibu, tetapi mereka tumbuh di plasenta yang berbeda," kata Dr Tulio Jorge Franco.Kasus ini bisa saja terjadi tapi memang kasusnya jarang sekali. Kejadiannya sekitar 1 dari 13.000 anak kembar terlahir dari ayah yang berbeda.

SuperfekundasiKasus anak kembar beda ayah disebabkan oleh superfekundasi.

Superfekundasi adalah kondisi ketika sel telur dalam siklus menstruasi dibuahi oleh dua sperma yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Titik Pijat Atasi Asam Lambung Pada Tangan dan Kaki

Anak kembar yang lahir akibat superfekundasi dinamakan sebagai kembar bipaternal atau heteropaternal.Superfekundasi bisa terjadi ketika seorang wanita berhubungan seksual dan dibuahi oleh dua pria dalam waktu berdekatan.