Find Us On Social Media :

Pemain Mobile Legend Kini Bisa Ikut Asuransi Carpal Tunnel Syndrome

Perusahaan asuransi Igloo menyediakan asuransi kesehatan untuk pemain mobile legend.

GridHEALTH.id - Carpal tunnel syndrome (CTS) merupakan salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami oleh gamers.

Berdasarkan Chuck Tholl, persatuan riset di German Sport University of Cologne, mengungkapkan bahwa pemain gamers profesional melakukan 400 beragam aksi per menit, dari gerakan melakukan klik pada mouse, menekan keyboard, yang menempatkan beban fisik pada bagian jari, leher, punggung serta bagian bawah lengan mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu, pergerakan yang berulang ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti kelemahan otot, tendinopati, kompresi saraf, dan nyeri punggung bawah.

Di Indonesia, tingkat prevalensi kasus CTS diperkirakan mencapai  150 kasus dari total 1,000 orang per tahun, dengan prevalensi 500 dari 1,000 orang yang memiliki resiko tinggi.

Pada Juli 2021, salah satu pemain ternama Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Tuturu mengejutkan komunitas gaming ketika Ia mengumumkan pengunduran dirinya dikarenakan carpal tunnel syndrome.

Ini adalah salah satu penyakit yang menyebabkan perasaan kebas, kesemutan dan nyeri pada tangan dan lengan bagian bawah.Banyaknya kasus serupa yang kronik dan sulit untuk dideteksi, pemain profesional seperti Tuturu seringkali mengabaikan dan tidak mengetahui bahwa mereka sedang mengalami cedera tersembunyi.

Pada kasus tertentu, terdapat laporan yang menunjukkan bahwa durasi bermain game yang berkepanjangan juga bisa memicu terjadinya serangan jantung.

Sebagai negara dengan pasar gaming terbesar di Asia Tenggara, Indonesia merupakan rumah bagi 43% dari total pemain esports profesional di dunia.

Ditambah dengan dukungan pemerintah terhadap perkembangan industri gaming lokal, industri ini dapat menarik  investasi dalam waktu mendatang.

Terlihat dari Indonesia yang baru-baru ini terpilih sebagai tuan rumah untuk ajang M4 World Championship yang akan diselenggarakan pada tahun 2023. Meski demikian, meningkatnya popularitas esports juga membawa dampak pada kesehatan seiring dengan meningkatnya durasi bermain game di kalangan gamers.

Baca Juga: Tangan Kesemutan Ketika Mengetik Gejala Carpal Tunnel Syndrome, Lakukan Ini di Rumah

Baca Juga: Healthy Move, Senam Kegels Untuk Pria Mengapa Tidak? Bugar dan Bikin Performa Seksual Tambah Oke