Find Us On Social Media :

Healthy Move, Senam Kegels Untuk Pria Mengapa Tidak? Bugar dan Bikin Performa Seksual Tambah Oke

Senam kegels mempunyai banyak manfaat untuk pria.

GridHEALTH.id - Meskipun senam kegel untuk pria tidak sepopuler yang dilakukan wanita namun semua orang bisa melakukannya. Latihan kegel untuk pria tidak berbeda dengan untuk wanita dan menawarkan jenis manfaat yang sama.Latihan kegel digunakan untuk memperkuat dasar panggul. Ini dapat membantu mencegah inkontinensia kandung kemih atau usus.

Selain itu, kegels dapat meningkatkan kehidupan seks seseorang.

Manfaat senam kegel untuk priaSenam kegel sangat bermanfaat bagi pria. Penguatan otot dasar panggul memiliki beberapa manfaat. Antara lain mengencangkan otot-otot dasar panggul, yang membantu mencegah atau memperbaiki inkontinensia urin.Kegels sangat membantu untuk pria sebelum dan sesudah operasi pengangkatan prostat. Juga, dalam kasus diabetes dan kandung kemih yang terlalu aktif.

Dalam situasi ini, otot-otot dasar panggul lemah. Dengan demikian, segala sesuatu yang kita lakukan untuk memperkuat mereka akan sangat bermanfaat.Di sisi lain, latihan Kegel mengintervensi otot-otot yang terlibat dalam hubungan seksual. Dalam kasus pria, mereka dapat membantu mengobati disfungsi ereksi dan mencegah ejakulasi dini. Juga, mereka dapat mengintensifkan orgasme.

Bagaimana cara mengidentifikasi otot dasar panggul?Penting untuk terlebih dahulu mengidentifikasi otot-otot dasar panggul untuk dapat melakukan latihan Kegel dengan benar. Ini sangat sederhana. Kita hanya perlu menghentikan aliran urin dan mengencangkan otot-otot yang kita gunakan untuk mencegah keluarnya gas.Setelah  mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, kita dapat melakukan latihan dalam posisi apa pun. Namun, paling mudah melakukannya dengan berbaring.

Cara melakukan latihan Kegel

Baca Juga: 3 Alasan Wanita Perlu Lakukan Olahraga Kegel Pasca Bersalin

Baca Juga: Jangan Menggunting Kutil, Bisa Berbahaya, Atasi Dengan Obat Kutil Rumahan

Senam kegel sangat mudah dilakukan. Bahkan, kita tidak memerlukan peralatan atau mesin apa pun untuk melakukannya. Beberapa sesi singkat sehari menghasilkan hasil yang luar biasa.Setelah seorang pria menemukan otot-otot dasar panggulnya, dia harus meremas (meniru apa yang harus dia lakukan untuk menahan urin dan gas) selama beberapa detik (hingga lima) dan kemudian rileks. Itu adalah latihan Kegel. Yang terbaik adalah melakukan antara 10 dan 20 repetisi hingga tiga atau empat kali sehari.Selain itu, penting untuk bernapas secara normal saat melakukannya dan hindari menahan napas. Juga, penting untuk meremas dengan keras, membayangkan otot kita terangkat. Hindari menggerakkan otot-otot bokong, paha, atau perut.Bisakah latihan ini meningkatkan kehidupan seks pria?Salah satu manfaat besar dari latihan Kegel adalah dapat secara signifikan meningkatkan kehidupan seks pria dan wanita. Demikian juga, mereka mungkin terbukti bermanfaat untuk masalah disfungsi seksual pria tertentu.Dalam hal ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan Kegel untuk pria meningkatkan fungsi ereksi, kontrol ejakulasi, dan intensitas orgasme. Dalam studi khusus ini, pria dengan prostatitis kronis dan sindrom nyeri panggul kronis (juga dikenal sebagai prostatitis non-bakteri kronis) paling diuntungkan dari mereka.

Baca Juga: Diabetes Lansia, Perhatikan Tanda Kondisi Kesehatan Sudah Lampu Merah 

Baca Juga: Jangan Abaikan Obesitas, Bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit yang Sulit Dikelola

Para profesional medis setuju untuk merekomendasikan latihan Kegel untuk pria dengan masalah disfungsi ereksi. Alasannya adalah mereka memperkuat otot bulbospongiosus, yang memungkinkan penis terisi darah saat ereksi, memompa saat ejakulasi, dan mengosongkan uretra setelah buang air kecil.