Find Us On Social Media :

Nyeri Dada Saat Berhubungan Intim Bisa Picu Serangan Jantung, Waspada!

Hati-hati bila merasa nyeri dada saat berhubungan intim.

GridHEALTH.id - Meski tidak semua nyeri dada saat berhubungan seks akan didiagnosis sebagai masalah serius, namun nyeri tersebut bisa menjadi tanda penyakit jantung koroner (PJK), seperti angina (berkurangnya aliran darah ke jantung).Aktivitas aerobik meningkatkan pernapasan dan detak jantung dan sama seperti berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang, seks adalah aktivitas aerobik. Segala bentuk aktivitas aerobik, termasuk seks, dapat memicu angina.Menurut sebuah studi 2012, hubungan seksual penis-vagina meningkatkan kebutuhan jantung  akan oksigen dan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah ke tingkat yang sebanding dengan menaiki dua tangga.Tingkat tertinggi adalah 10 sampai 15 detik sebelum mencapai orgasme.Sebuah artikel tahun 2002 menunjukkan bahwa tidak mungkin tidak  mengalami angina saat berhubungan seks jikakita  tidak mengalami angina selama aktivitas fisik lainnya.

Jika saya merasa nyeri dada haruskah saya berhenti? Kita harus menghentikan aktivitas berat apa pun, termasuk seks, jika mengalami sakit dada, detak jantung tidak teratur dan sesak napas.

Langkah kita selanjutnya adalah mengunjungi dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya untuk diagnosis.

Seks dan risiko serangan jantungSama seperti risiko yang terkait dengan aktivitas aerobik serupa, menurut sebuah studi 2011, risiko serangan jantung selama, atau dalam satu atau dua jam pertama setelah berhubungan seks, sangat kecil.Sebagai contoh, faktanya adalah sebagai berikut;

-  Untuk setiap 10.000 orang yang berhubungan seks seminggu sekali, hanya 2 hingga 3 yang akan mengalami serangan jantung. Ini adalah tingkat yang sama seolah-olah mereka telah melakukan aktivitas fisik tambahan selama satu jam.

- Angina koitus, yang terjadi selama atau segera setelah aktivitas seksual, mewakili kurang dari 5% dari semua serangan angina, menurut artikel 2003 di American Heart Association.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat, Pilihan Makanan Bagi Penyandang Jantung Bengkak

Baca Juga: Pemain Mobile Legend Kini Bisa Ikut Asuransi Carpal Tunnel Syndrome

- Adapun risiko kematian saat berhubungan seks, itu sangat jarang. Tingkat kematian mendadak saat berhubungan seks adalah 0,6 hingga 1,7%.

Pria mewakili 82 hingga 93% dari sejumlah kecil kematian yang terjadi saat berhubungan seks.

Penyakit jantung di kamar tidurPrivasi kamar tidur  adalah tempat yang baik untuk mengawasi tanda-tanda penyakit jantung, penyebab utama kematian bagi wanita dan pria.Indikator yang harus diperhatikan antara lain:

- Sakit dada. Jika kita tidak aktif secara fisik, aktivitas fisik seks bisa menjadi indikasi pertama kita tentang potensi masalah jantung.