Find Us On Social Media :

Healthy Move, 3 Latihan Tulang Belakang Untuk Penyandang Skoliosis

Bridge, salah satu latihan yang sangat baik untuk menguatkan tulang belakang pada penderita skoliosis,

GridHEALTH.id Latihan untuk Skoliosis sangat penting karena ini adalah kelengkungan tulang belakang yang tidak normal yang dapat menyebabkan rasa sakit dan kelemahan.

Namun, jangan melakukan sesuatu yang berat, tetapi tetaplah aktif karena itu berkontribusi pada pembalikannya. Lanjutkan membaca untuk mencari tahu kegiatan apa yang terbaik untuk dipraktikkan.

Ingat bahwa tidak semua olahraga cocok untuk penderita skoliosis. Bagian dari perawatan terdiri dari aktivitas fisik tetapi harus moderat dan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap orang. Ingatlah bahwa lebih baik memiliki pengawasan profesional bila memungkinkan.

Skoliosis adalah lekukan lateral tulang belakang yang mengganggu postur tubuh. Ini sering terjadi selama masa pertumbuhan, sebelum pubertas. Namun, bisa juga menyerang orang dewasa, terutama wanita.

Menurut informasi di National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), kelengkungan biasanya berbentuk C atau S dan dapat terjadi di kedua sisi atau tempat yang berbeda di tulang belakang.

Segala bentuk aktivitas fisik yang membutuhkan terlalu banyak usaha mungkin sudah disarankan untuk tidak dilakukan jika  menderita skoliosis.

Namun, itu tidak berarti kita harus terlena ke dalam gaya hidup yang tidak banyak bergerak atau berhenti berolahraga.

Latihan-latihan ini membantu memperkuat otot-otot yang mengelilingi tulang belakang dan yang fungsinya untuk menstabilkan tubuh. Pada gilirannya, mereka mengurangi gejala kondisi ini, seperti sensasi tekanan dan rasa sakit.

1. Angkat panggul

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Physical Therapy Science menemukan bahwa praktiknya membantu memperkuat otot perut dan, pada gilirannya, berkontribusi pada rehabilitasi pasien dengan ketidakstabilan batang tubuh dan nyeri punggung bawah.

Pertama, berbaring telentang, dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Selanjutnya, kencangkan perut dan pastikan punggung tetap rata di lantai. Angkat panggul ke arah langit-langit dan tahan selama 5 detik.

Kemudian kembali ke tanah dan lakukan 2 set 10 pengulangan. Angkat panggul atau dikenal dengan nama latihan bridge berguna untuk skoliosis dan mudah dilakukan di rumah.