Find Us On Social Media :

Kanker Prostat Ancaman Serius Bagi Pria, Kenali 5 Gejala dan Cara Mencegahnya

Kanker prostat menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil.

GridHEALTH.idKanker prostat umumnya dialami oleh para pria yang usianya sudah lebih dari 50 tahun.

Penyakit kanker prostat kebanyakan tumbuh lambat dan terbatas pada kelenjar prostat saja. Tapi tidak boleh dianggap sepele karena juga dapat menyebabkan komplikasi serius.

Melansir Mayo Clinic, kanker prostat yang terlambat atau bahkan tidak ditangani dapat mengakibatkan sel kanker menyebar ke organ di sekitarnya seperti kandung kemih dan bahkan tulang, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Penderita kanker prostat juga berisiko mengalami inkontinensia yang menyebabkan sulit menahan saat ingin buang air kecil dan disfungsi ereksi.

Gejala kanker prostat

Kanker prostat yang terdeteksi sedini mungkin, mempunyai keberhasilan untuk sembuh yang lebih besar. Mengenali gejala kanker prostat menjadi salah satu cara deteksi dini.

Namun sayangnya, pada sebagian penderita kanker prostat gejala awal tidak muncul. Bila kondisinya sudah lebih lanjut, jenis kanker ini menimbulkan gejala berikut, dilansir dari American Cancer Society.

1. Sulit buang air kecil, seperti aliran urin yang melambat atau keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering pada malam hari

2. Terlihat ada darah pada air urin

3. Mengalami masalah untuk ereksi meski ada rangsangan

4. Terasa nyeri di pinggul, punggung, dada, atau area lain jika sudah menyebar

Baca Juga: Pijat Prostat, Adakah Manfaatnya Bagi Pengidap Kanker Prostat?