Find Us On Social Media :

Vaksin Cacar Monyet dari Denmark Tiba di Indonesia Akhir Oktober 2022, Tiga Kelompok Prioritas Menurut Satgas IDI

Vaksin cacar monyet diberikan kepada kelompok masyarakat tertentu saja.

GridHEALTH.id - Vaksin cacar monyet atau monkeypox diperkirakan akan tiba di Indonesia pada akhir Oktober 2022.

Jenis vaksin cacar monyet yang dipesan yakni Bavarian Nordic yang produksinya berasal dari Denmark.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksin cacar monyet yang dipesan sebesar 2.000 dosis.

"Dari vaksinasi kita sudah memesan vaksinnya 2.000 dosis dari Bavarian Nordic dibantu dengan KBRI Denmark, karena ini ada vaksin monkeypox di sana," jelasnya dikutip dari Kompas.com (30/8/2022).

Hanya saja, menurut Siti Nadia Tarmizi selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, menjelaskan vaksin cacar monyet tidak langsung datang seluruhnya.

Untuk bagian pertama, vaksin cacar monyet yang akan dikirimkan di Indonesia sekitar 1.000 dosis vaksin terlebih dulu.

"Vaksin monkeypox lagi dipesan, kan kita pesan 2.000 tapi kita datangi 1.000 dulu Oktober, tapi ini masih belum tahu Oktober akhir atau awal, kayaknya akhir," ujarnya dikutip dari Kumparan, Selasa (21/9/2022).

Sasaran vaksin cacar monyet hanya kelompok terbatas

Tak seperti vaksin Covid-19, pemberian vaksin cacar monyet ini hanya dilakukan secara terbatas terhadap kelompok yang mempunyai risiko tinggi.

Ketua Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Hanny Nilasari, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, menjelaskan tiga kelompok sasaran penerima vaksin cacar monyet.

“Seperti yang disampaikan sebelumnya juga, bahwa dari Satgas Monkeypox PB IDI, pemberian vaksin monkeypox ini tidak kepada seluruh masyarakat tetapi untuk indikasi terbatas,” ujarnya dalam media briefing, Selasa (21/9/2022).

Baca Juga: Vaksin Monkeypox Sudah Dipesan Menkes RI, Satgas Ungkap Kemungkinan KIPI Usai Divaksin