Find Us On Social Media :

Jika Dibiarkan Kutil Kelamin Bisa Sama Berbahayanya Dengan Kanker Serviks, Simak Penjelasannya!

Inilah gambaran kutil kelamin yang jika dibiarkan bisa sama berbahayanya dengan kanker serviks, wanita wajib tahu.

GridHEALTH.id - Memiliki kutil di tubuh seringkali bukan menjadi permasalahan yang serius, tetapi lokasi kutil juga sangat menentukan risiko penyakit lanjutan yang mendasarinya.

Seperti kutil pada kelamin yang dialami seorang wanita, maka penyakit kutil kelamin ini tentu tidak dapat disepelekan begitu saja.

Penyakit kutil kelamin yang dibiarkan dan tidak diketahui penyebab serta pengobatannya akan berisiko menjadi sama berbahayanya dengan kanker serviks, inilah yang perlu diketahui oleh wanita.

Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) dan termasuk dalam infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum.

Penyakit kutil kelamin adalah jenis penyakit yang dapat menyerang pria dan wanita, namun ada letak posisi yang berbeda antara penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita.

Pada wanita, penyakit kutil kelamin umumnya berada di vagina, vulva, serviks, uretra, skrotum, dan anus, juga bagian lain dari tubuh.

HPV sendiri memiliki 180 jenis lebih, perlu diketahui tidak semuanya menyebabkan masalah, atau sebagian menyebabkan kutil tumbuh di bagian tubuh lainnya.

Sedangkan untuk HPV yang dikaitkan dengan kutil kelamin umumnya ada pada tipe 6 dan 11.

Gejala kutil kelamin yang dapat dirasakan oleh wanita adalah terlihat ada benjolan kecil berwarna kulit di area genital, biasanya tidak terasa sakit, bisa bertumbuh menjadi kutil tunggal atau menjadi kelompok kutil (seperti kembang kol kecil).

Kanker Serviks

Baca Juga: Penularan Kutil Kelamin Bisa Karena Hubungan Seksual, Kondom Bisa Mencegahnya?