Find Us On Social Media :

Waspada Kematian Akibat Serangan Jantung, Berikut Pertolongan Pertama yang Benar dan Aman Untuk Dilakukan

Seseorang mengalami henti jantung akibat serangan jantung, inilah pertolongan pertama melalui Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang perlu dilakukan.

GridHEALTH.id - Serangan jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia bersama dengan penyakit jantung lainnya.

Kondisi ini tentu perlu penanganan yang lebih baik agar ke depannya dapat meminimalisir risiko berat.

Peran masyarakat juga diperlukan untuk membuat penyakit kardiovaskular dapat ditangani dengan lebih baik.

Apa Itu Serangan Jantung?

Serangan jantung adalah kondisi di mana hasil dari manifestasi setelah adanya jantung koroner, dalam bahasa medis, serangan jantung disebut juga dengan sindroma koroner akut, yang diawali dengan adanya jantung koroner atau iskemik.

Jantung koroner adalah penyakit yang mengenai pembuluh darah koroner, di mana pembuluh darah ini berfungsi memberikan makan otot-otot jantung dengan suplai oksigen.

Jantung memiliki ukuran sekepalan tangan dan pembuluh darah koroner berukuran sekitar dua mm.

Pembuluh darah yang dapat menyebabkan jantung koroner memiliki kondisi di mana di dalam dinding pembuluh darah terdapat bisul hasil dari penumpukkan lemak.

Bisul ini lama kelamaan akan semakin membesar dan semakin lama aliran darah semakin sempit, jika ada pemicu maka bisul akan pecah mengeluarkan gumpalan darah di dalam lubang pembuluh darah koroner dan terjadi penyumbatan total, inilah yang disebut dengan serangan jantung.

Deteksi Dini Serangan Jantung

Seseorang yang memiliki serangan jantung paling jelas diketahui dari rasa sakit di dada yang sangat luarbiasa menyakitkan, bisa disertai sesak nafas, mual, muntah, keringat dingin, hingga pingsan.

Baca Juga: Risiko Serangan Jantung dan Stroke Meningkat pada Penyintas Covid-19