Find Us On Social Media :

Ini 10 Komplikasi yang Ditimbulkan Hipertensi Bila Pengobatan Tidak Dilakukan dengan Benar

Hipertensi yang tidak diobati dapat menimbulkan komplikasi yang merugikan kesehatan.

GridHEALTH.id - Semua orang mungkin sudah mengetahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi, tidak baik untuk kesehatan.

Tetapi tahukah mengapa hipertensi bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius yang disebut komplikasi?

Ketika darah kita mendorong terlalu keras ke arteri,  itu dapat menyebabkan berbagai masalah yang dapat merusak seluruh sistem peredaran darah.

Inilah daftar komplikasi yang ditimbulkan oleh hipertensi. Beberapa mungkin tidak pernah disangka;

1. Serangan jantung

Ketika darahbergerak melalui tubuh dengan terlalu banyak kekuatan, itu dapat membuat robekan kecil di pembuluh darah yang membentuk jaringan parut, yang dapat menangkap puing-puing seperti lemak dan kolesterol.

Partikel-partikel yang terperangkap itu membentuk kelompok yang disebut “plak” yang menghalangi aliran darah yang lancar.

Serangan jantung adalah hasil dari suplai darah yang tersumbat ke jaringan otot jantung, dan sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

2. Stroke

Hipertensi merupakan faktor risiko utama terjadinya stroke, karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak dan di dalam otak itu sendiri.

Jika gumpalan menyumbat pembuluh darah, atau jika salah satu pecah, itu adalah stroke. Stroke dapat merusak karena jaringan otak tidak lagi menerima nutrisi penting dan oksigen ke daerah yang terkena, yang mulai mati.

3. Aneurisma