Find Us On Social Media :

Dokter Ingatkan Efek Domino dari Konsumsi Gula Berlebih, Termasuk dalam Minuman Teh Kekinian

Inilah jumlah gula dalam minuman kekinian, dokter ingatkan efek domino dan jangka panjang dari konsumsi gula berlebih.

GridHEALTH.id - Masyarakat kembali diingatkan untuk memerhatikan kebiasaan minum minuman kekinian dan penyakit yang mengintai dari konsumsi berlebih.

Dengan adanya isu terhangat tentang pelanggan dan salah satu merk minuman kekinian, diharapkan kesadaran akan konsumsi gula berlebih pun kembali digaungkan.

Situasi ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan seputar konsumsi gula, termasuk jumlah gula yang terdapat dalam minuman kekinian.

Simak ulasannya berikut ini.

Tim GridHEALTH.id pun membahas lebih jauh seputar konsumsi gula dalam minuman kekinian di masyarakat bersama dengan dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospitals TB Simatupang, yang seringkali juga membagikan edukasi di akun instagramnya @christopher_andrian.

Produsen Tidak Menyertakan Komposisi Gula

Pertama, membahas mengenai jumlah gula dalam minuman kekinian, maka semua kembali pada jumlah penggunaan setiap produsen.

"Memang kandungan gula itu setiap produk berbeda-beda kadarnya, mereka tidak menyertakannya untuk komposisinya berapa gram buat informasi, tapi yang pasti kalau misalnya kita lihat dari banyaknya minuman-minuman yang seperti itu, yang dasarnya semua mayoritas itu manis, ya itu mereka pasti menggunakan tinggi gula," kata dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK menjelaskan.

"Terlepas kalau mereka ada yang menggunakan pemanis buatan, pemanis pengganti, ya itu adalah pengganti gula yang lebih sehat, tapi banyak yang masih menggunakan sukrosa atau glukosa yang cukup tinggi di minuman itu," lanjutnya.

dr. Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK juga menyebutkan gula yang digunakan dalam minuman kekinian umumnya adalah sukrosa atau sekarang yang sedang tren adalah fruktosa.

"Macam-macam ya, yang paling sering itu mereka (produsen) gunakan gula cair, gula cair ada yang bentuknya sukrosa, jadi kaya gula pasir yang dicairkan, atau bisa juga adanya, glukosa dan fruktosa (gula buah), itu harus hati-hati juga, bentuknya berupa sirup-sirup cair."

Baca Juga: Ramai Pembicaraan Terkait Kandungan Gula Dalam Minuman Es Teh Indonesia, Pernah Merasa Ketagihan? Ternyata Ini Alasannya